Jumat, 15 Januari 2016

TENTANG MAKANAN KHAS INDONESIA






TENTANG MAKANAN KHAS INDONESIA

oleh : Nurhalimah




ABSTRAK
Menurut beberapa para ahli mengemukakan pendapat bahwa makanan tradisional merupakan makanan yang paling banyak memiliki ciri-ciri dimana seseorang yang dilahirkan atau tumbuh (Winarno, 1994). Menurut Hulme “makanan sehat” adalah makanan dalam arti yang sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan tradisional adalah makanan dan  minuman termasuk makanan jajan serta bahan campuran yang digunakan secara tradisional. Makanan tradisional pada umumnya lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang menjadi daerah asal tersebut yang kemudian diperkenalkan kepada orang lain atau pendatang. Makanan tradisional terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh secara lokal dan selera dan tradisi setempat. Di dalam jurnal yang saya buat juga terdapat Kajian-kajian teori yang di dalamnya berisikan tentang jenis-jenis makanan yang ada di Indonesia dan juga ada ciri-ciri makanan khas Indonesia, ciri khas makanan Indonesia, orang Indonesia memang suka praktis, sehingga bisa dilihat orang Indonesia suka makan dengan menggunakan hanya dengan satu piring  dengan makanan pembuka dan penutup di jadikan satu. Dan beberapa ciri makanan Indonesia dan perlengkapannya.
Jenis-jenis makanan yang ada di Indonesia sangat banyak diantaranya yaitu soto kediri, rendang padang, lumpiah semarang, empek-empek palembang, kerak telor khas dari jakarta khususnya di betawi, mie aceh. Akan membahasa tentang analisis dan pembahasan maksud dari pernyataan tersebut adalah bagaimana cara membuat dan bahan-bahan apa saja yang digunkan untuk membuat makanan khas Indonesia Pembahasan kali ini saya akan menyampaikan bagaimana langkah-langkah membuat masakan yang lezat dan sehat, Indonesia terkenal akan kelezatan dan keaneka ragaman makanan yang nikmat salah satunya yaitu makanan rendang padang. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasak rendang padang bahan-bahan apa saja yang akan di gunakan untuk membuat makanan rendang padang, dan bahan-bahan membuat tomat saus tiram yang lezat dan enak untuk di konsumsi oleh banyak orang. Dan disini juga akan di bahas tentang bagaimana cara memasaka  rendang padang yang enak dengan menggunakan tomat saos tiram goreng.



























A.    Pendahuluan
      Menurut beberapa para ahli mengemukakan pendapat bahwa makanan tradisional merupakan makanan yang paling banyak memiliki ciri-ciri dimana seseorang yang dilahirkan atau tumbuh (Winarno, 1994). Makanan tradisional adalah makanan dan  minuman termasuk makanan jajan serta bahan campuran yang digunakan secara tradisional. Menurut Hulme “makanan sehat” adalah makanan dalam arti yang sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan yang sehat harus terdiri dari dari makanan utama dan makanan penunjang. Secara lebih spesifik kepakatan tradisional itu dicirikan antara lain: makanan tradisional dikonsumsi oleh golongan tertentu. Makanan tradisional pada umumnya lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang menjadi daerah asal tersebut yang kemudian diperkenalkan kepada orang lain atau pendatang. Makanan tradisional diolah mengikuti ketentuan (resep) yang diberikan secara turun-menurun. Pada umumnya hasil resep turun menurun dan biasanya lebih banyak diturunkan di dalam keluarga. Hal ini dilakukan dengan cita rasa khas makanan tersebut tetap terjaga (Anonim, 2012).
                        Makanan tradisional terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh secara lokal dan selera dan tradisi setempat. Bahan-bahan untuk membuat makanan tradisional bisa dikatakan mudah untuk diperoleh karena pada dasarnya bahan-bahan tersebut dapat dan mudah di beli di pasar daerah penghasil makanan tradisional tersebut dan biasanya dengan selera yang diinginkan sehingga ada makanan tradisional yang terasa pedas, manis, dan lain-lain. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang selalu meningkat seiing denga pekembangan zaman. Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki berbagai macam kuliner khas di setiap daerah-daerahnya.


B.     Kajian Teori
1.      Jenis-jenis Makanan Khas Indonesia
a.       Soto Kediri
Soto Kediri adalah makanan khas dari Kota Kediri. Sekilas soto ini seperti soto ayam biasa, tapi soto ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat serta sedap yang tidak bisa ditemui pada soto ayamlain. Perbedaan terbesar Soto Kediri dengan soto ayama biasa terletak pada kuah sotonya. Kuah pada soto Kediri dikasih santan sehingga rasa gurihpun tercipta.
b.      Lupiah Semarang
Lumpiah Semarang adalah makanan semacam rollade yang berisi tepung, telur dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpiah Semarang ini perbadu rasa antara Tionghoa dan Indonesia pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang Jawa Tengah.
c.       Rendang Padang
Rendang Padang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan rempah yang sangat banyak.
d.      Empek-empek Palembang
Empek-empek Palembang ini merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang makanan ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Sumatra Selatan memproduksinya.
e.       Kerak Telor
Makanan ini merupakan makanan khas dari Jakarta, makanan ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kuliner Portugis. Kerakm telor mudah ditemui di Jakarta  terutama pada saat diadakannya Pekan Raya Jakarta bahkan kerak telor acap kali dijadikan simbol klasik budaya Betawi.
f.       Mie Aceh
Makanan ini merupakan makanan khas Indonesia, bahan dasar makan ini adalah berasal dari mie kuning tebal dengan diirisi daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas.

2.      Ciri-ciri Makanan Khas Indonesia
            Ciri khas makanan Indonesia, orang iindonesia memang suka praktis, sehingga bisa dilihat orang Indonesia suka makan dengan menggunakan hanya dengan satu piring  dengan makanan pembuka dan penutup di jadikan satu. Dan beberapa ciri makanan Indonesia dan perlengkapannya.
a.       Perlengkapan makanan Indonesia hanya piring, cekung, sendok dan garpu
b.       Sendok dipegang tangan kanan dan garpu dipegang tangan kiri
c.       Makanan pembuka atau utama dan penutup biasanya dijadikan satu
d.      Lebih mementingkan cita rasa
e.       Dibuat dari bahan dan rempah yang baunya menyengat
f.       Lebih banyak berlemak

C.    Analisis dan Pembahasan
Pembahasan kali ini saya akan menyampaikan bagaimana langkah-langkah membuat masakan yang lezat dan sehat, Indonesia terkenal akan kelezatan dan keaneka ragaman makanan yang nikmat salah satunya yaitu makanan Rendang Padang. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasak Rendang Padang.




Cara Membuat Rendang Padang Asli Empuk dan Enak dengan Menggunakan Tomat Saos Tiram Goreng
Bahan-bahan Rendang Padang
1.      1 kg Daging sapi pilihan, potong ukurang sesuai dengan selera
2.      3 buah kelapa tua, jadikan santan kental
3.      15 butir Bawang Merah
4.      8 siung Bawang Putih
5.      1 ons Cabai Merah
6.      2 cm Jahe
7.      2 cm Lengkuas memarkan
8.      1 sendok teh merica bubuk
9.      2 batang sereh geprek terlebih dahulu
10.  2 biji asam kandis
11.  2 buah bunga pekak
12.  3 lembar daun jeruk
13.  4 lembar daun salam
14.  1 lembar daun kunyit
15.  Garam
16.  Gula pasir






Bahan-bahan Tomat Saos Tiram Goreng
1.      Tomat
2.      Saus Pedas
3.      Bawang merah
4.      Bawang Putih
5.      Garam
6.      Gula
7.      Merica
Bahan Pelengkap
1.      Kepala serundeng yang sudah disangrai terlebih dahulu
2.      1 ons hati sapi potong dadu kecil kemudian rebus
Cara Memasak Rendang Padang
1.      Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih, cabai, jahe dan lengkuas
2.      Mulai ungkep daging sapi yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang dihaluskan, tunggu sampai uang dan daging ungkepan kering
3.      Masukkan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir, kemudian aduk hingga rata, jangan lupa daun kunyit juga tapi disobek-sobek terlebih dahulu
4.      Tunggu sampai santan mendidih, dan sedikit mengeluarkan minyak, kemudian kecilkan api
5.      Campurkan bahan pelengkap kedalam rendang kemudian aduk lagi sampai merata
6.      Usahakan terus diaduk-aduk agar rendang tidak menempel pada wajan, tunggu sampai rendang berubah warna dan mengering
7.      Angkat rendang,dan siap untuk disajikan.

Cara Memasak Tomat Saus Tiram Goreng
1.      Nyalakan kompor dan wajan di atasnya dan ambillah sedikit minyak untuk memasak saus pedas.
2.      Panas  kan terlebih dahulu minyak nya jika sudah masukkan saus pedasnya
3.      Masukkan tomat, bawang merah, bawang putih
4.      Berilah garam secukupnya
5.      Berilah merica secukupnya
6.      Berilah gula secukupnya
7.      Lalu aduk hingga merata dan tunggu sampai mendidih jika sudah
8.      Tomat saus tiram pun siap untuk di taburi di masakan utama yaitu rendang padang












D.    Penutup

Simpulan
      Padang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki beraneka ragam makanan. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa

Saran
      Untuk menambah keempukan daging rendang yang kita buat usahakan daging yang sudah dipotong sebaiknya dipukul atau digeprek terlebih dahulu baru kemudian di ungkep, dan dalam pengungkepan daging rendang yang empuk dan enak biasanya memerlukan waktu yang agak lama kurang lebih semalaman penuh atau seharian, agar bumbu yang dipakai meresap. Dalam memasak santan usahakan santan tidak pecah dan caranya dengan menggunakan  gedrakan memutar ke atas seperti ketika kita sedang menimba.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar