Jumat, 15 Januari 2016

MACAM-MACAM MASAKAN NASI




MACAM-MACAM MASAKAN NASI
  oleh : Dahlia Badiah


1. Pendahuluan
Masakan merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara yang terdiri dari 6000 pulau dan memegang tempat terpenting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, kelapa, dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruhnya melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.
1.2Latar Belakang
Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat.Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisinusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional indonesia secara umum. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.
Pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal "masakan Indonesia", tetapi lebih kepada keanekaragaman masakan daerah yang dipengaruhi secara lokal oleh kebudayaan Indonesia serta pengaruh asing. Sebagai contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, ketupat atau lontong (beras yang dikukus) sebagai makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia, namun untuk bagian timur lebih umum dikonsumsi sagu, jagung, singkong, dan ubi jalar. Bentuk penyajian umum sebagian besar makanan Indonesia terdiri atas makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan, dan sayuran.
Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah terlibat dalam perdagangan dunia berkat lokasi dan sumber daya alamnya. Teknik memasak, dan bahan makanan asli Indonesia berkembang, kemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, Cina, dan akhirnya Eropa. Para pedagang Spanyol dan Portugis membawa berbagai bahan makanan dari benua Amerika jauh sebelum Belanda berhasil menguasai Indonesia. Pulau Maluku yang termahsyur sebagai "Kepulauan Rempah-rempah", juga menyumbangkan tanaman rempah asli Indonesia kepada seni kuliner dunia. Seni kuliner kawasan bagian timur Indonesia mirip dengan seni memasak Polinesia dan Melanesia.
Masakan Sumatera, sebagai contoh, seringkali menampilkan pengaruh Timur Tengah, dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya, sementara masakan jawa berkembang dari teknik memasak asli nusantara. Unsur budaya masakan Cina dapat dicermati pada beberapa masakan Indonesia  masakan seperti bakmi, bakso, dan lumpia telah terserap dalam seni masakan Indonesia.
Beberapa jenis hidangan asli Indonesia juga kini dapat ditemukan di beberapa negara di benua Asia. Masakan Indonesia yang populer seperti sate, rendang, dan sambal juga digemari di Malaysia dan Singapura. Bahan makanan berbahan dasar dari kedelai seperti variasi tahu dan tempe. Tempe dianggap sebagai penemuan asli jawa, adaptasi lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai adalah oncom mirip dengan tempe tapi menggunakan jenis jamur yang berbeda, oncom sangat populbr di jawa barat.
Makanan Indonesia umumnya dimakan dengan menggunakan kombinasi alat makan sendok pada tangan kanan dan garpu pada tangan kiri, meskipun demikian di berbagai tempat (seperti Jawa Barat dan Sumatra Barat) juga lazim didapati makan langsung dengan tangan telanjang. Di restoran atau rumah tangga tertentu lazim menggunakan tangan untuk makan, seperti restoran seafood, restoran tradisional Sunda dan Padang, atau warung tenda Pecel Lele dan  ayam goreng khas jawa timur. Tempat seperti ini biasanya juga menyajikan semangkuk air kran dengan irisan jeruk nipis agar memberikan aroma segar. Semangkuk air ini janganlah diminum hanya digunakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan menggunakan tangan telanjang. Menggunakan sumpit untuk makan lazim ditemui di restoran yang menyajikan masakan China yang telah teradaptasi kedalam masakan Indonesia seperti bakmie atau mie ayam dengan pangsit, mie goreng, dan kwetiau goreng (mi pipih goreng, mirip char kway teow).
Cara memasak tertua dikenal sampai saat ini adalah membakar tidak ada yang tahu persis bagaimana manusia purba menemukan teknik ini, namun para ahli menduga bahwa mungkin manusia purba menemukannya dari ketika mereka memakan daging hewan yang mati dalam kebakaran hutan.
Teknik pembakaran dan pemanggangan di atas bara api sendiri bisa ditemukan mulai dari masyarakat yang paling terisolir dan primitif sampai manusia modern. Namun kelihatannya, kunci untuk memasuki fase variasi memasak yang lainnya, muncul ketika manusia menggunakan tanah liat untuk alat memasak (pot masak).  Manusia mulai menggunakan gerabah sebagai bagian dari alat-alat dapur dan masak yang sederhana. Dengan penemuan tanah liat, dan juga dengan teknik memasak dengan batu, manusia menemukan cara lain seperti merebus makanan, mengasap daging, sampai membuat oven tanah liat.
Seiring waktu, variasi memasak juga menjadi semakin advanced dengan munculnya dan berkembangnya cara-cara bercocok tanam. Pada masa-masa ini, manusia juga belajar mengolah tumbuhan untuk pelengkap makanan, khususnya biji-bijian, yang kemudian menjadi sumber karbohidrat di meja makan.
Makanan Indonesia umumnya dimakan dengan menggunakan kombinasi alat makan sendok pada tangan kanan, dan garpu pada tangan kiri, meskipun demikian di berbagai tempat (seperti Jawa Barat dan Sumatera Barat) juga lazim didapati makan langsung dengan tangan telanjang.
Makanan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi kehidupan manusia. Makanan yang dikonsumsi beragam jenis dengan berbagai cara penggolahan yang baik (Santoso, 1999).

1.3. Abstrak
Kuliner saat ini tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan primer saja, melainkan dunia kuliner saat ini telah muncul menjadi gaya hidup masyarakat. Hadirnya media internet sebagai perantara informasi dunia kuliner berdampak pada kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal dunia memasak termasuk berbagai macam resep masakan. Berkat perkembangan teknologi seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang menggunakan internet sebagai media informasi sehari-hari.

1.3.1  Macam-macam Masakan Nasi

-          Nasi Uduk
-          Nasi Goreng
-          Nasi Kebuli
-          Nasi Kucing
-          Nasi Lengko

a. Nasi Uduk
Nasi uduk merupakan makanan yang dibuat dari nasi putih yang diaron serta dikukus dengan memakai santan dari kelapa parut dan dibumbui dengan memakai berbagai bumbu, mulai dari kayu manis, pala, jahe, merica serta daun serai. Nasi uduk biasanya dihidangkan dengan beberapa makanan pendamping, seperti tahu goreng, emping goreng, telur dadar yang diiris tipis, abon, tempe kering, ayam goreng, bawang goreng serta mentimun dan sambal kacang.

b. Nasi Goreng
Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang sudah lama menjadi makanan favorit yang digemari semua orang di Indonesia, dari mulai anak-anak sampai orang tua semua suka dengan nasi goreng. Selain rasanya enak bahan-bahan untuk membuat nasi goreng mudah didapat, seperti: cabe, bawang putih, garam, penyedap rasa, kecap, saos dan bawang merah. Dari bahan-bahan tersebut bawang merah yang paling berperan penting pada nasi goreng karena bawang merah bisa menambah aroma pada nasi goreng.
c. Nasi kebuli
e. Nasi Lengko
Nasi lengko merupakan makanan khas dari berbagai daerah seperti daerah Tegal, Cirebon, Brebes, Indramayu dan lain sebagainya karena nasi lengko hampir tersedia disetiap daerah. Nasi lengko adalah salah satu jenis nasi yang dipadukan dengan berbagai macam lauk. Lauk yang biasa dibuat untuk nasi lengko yaitu tempe orek, toge, mentimun, sambal dan kerupuk.
Ada banyak macam ragam menu olahan dengan bahan dasar nasi. Namun masih ada segelintir orang yang tidak tahu tentang DaerahAsal Olahan Nasi KhasIndonesia , seperti misalnya nasi uduk sering dianggap oleh sebagian besar orang sebagai masakan khas betawi. Padahal nasi khas betawi adalah nasi ulam, kalau nasi uduk berasal dari Jawa dengan nama aslinya Sego Wudhuk.
“Olahan nasi seperti ini cocok untuk anak – anak supaya mereka belajar menyukai sayuran. Masakan nasi khas betawi yaitu nasi ulam terbuat dari nasi putih bertabur serundeng, ebi dan kacang tanah sangrai yang ditumbuk kasar. Nasi ulam cocok dipadukan dengan semur tahu atau kentang, bihun goreng, telur dadar, dendeng sapi manis atau cumi asin goreng, lain lagi dengan nasi tutug oncom, olahan nasi khas Tasikmalaya ini yang populer dengan sebutan Sangu Tutug Oncom atau sering disingkat nasi T.O terbilang mudah membuatnya. Cukup mencampurkan nasi matang dengan sambal oncom. Begitu pula dengan nasi cakalang pampis yang dibuat dengan nasi putih yang dicampur sambal cakalang.

1.4 Kajian Pustaka
Nasi adalah bahan makanan pokok bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia modern, dan pertanian padi menempati posisi utama dalam kebudayaan Indonesia membentuk bentang alam dijual di pasar merupakan bahan dasar banyak jenis makanan dari yang gurih hingga manis. Pada umumnya beras dimakan dalam bentuk nasi biasa yang bercita-rasa tawar dengan sedikit sayur-mayur, dan lauk-pauk teman nasi disisinya sebagai sumber protein dan sumber gizi lainnya. Beras juga dapat dijadikan ketupat (beras dikukus dalam anyaman daun kelapa), lontong (beras dikukus dalam kemasan daun pisang), intip (kerupuk beras), jajanan, bihun, mie, arak beras, dan nasi goreng.
Padi termasuk dalam pola makan sehari-hari, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, maka dimungkinkan untuk memperjualbelikan padi, dan beras dari tempat lain. Bukti temuan padi liar ditemukan di pulau Sulawesi berasal dari sekitar tahun 3000 SM. Meskipin demikian, bukti awal dari pertanian beras didapati dari  prasasti abad kedelapan di Jawa yang menyebutkan raja menerapkan pajak dalam bentuk padi. Pembagian kerja antara laki-laki, perempuan, dan hewan ternak tetap lestari dalam pertanian padi di Indonesia, seperti ditemui dalam ukiran relief candi Prambanan, Jawa Tengah yang berasal dari abad kesembilan: Bajak sawah diikatkan pada kerbau perempuan menanam benih, dan menumbuk padi, serta laki-laki mengangkut padi hasil panen dengan pikulan di pundaknya. Pada abad keenambelas, bangsa Eropa yang mengunjungi kepulauan Indonesia memandang nasi sebagai makanan bergengsi yang disajikan oleh kaum aristokrat dan ningrat saat upacara, dan perayaan pesta.
Bahan makanan pokok lainnya adalah jagung (di kawasan kering seperti Madura dan Nusa Tenggara), sagu (di kawasan Indonesia Timur), singkong (dikeringkan, dan disebut tiwul sebagai alternatif makanan pokok di kawasan gersang Jawa seperti Gunung Kidul dan Wonogiri), ketela serta umbi-umbian (khususnya pada musim paceklik).
1.5 Analisis dan Pembahasan
1.5.1 Analisis
Masakan nasi di indonesia beranekaragam macam masakan nasi yaitu: nasi kebuli, nasi kucing, nasi uduk, nasi goreng, nasi lengko, dan lain-lain, ada juga resep masakan dan manfaatnya. Masakan nasi ada sejarahnya namun tidak semua orang tahu tentang sejarah masakan mungkin setiap orang hanya mengetahui tentang resepnya saja.
Seputar tentang masakan nasi ialah bahwa nasi makanan yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa diolah menjadi makanan jenis nasi apapun. Dan ada beberapa manfaat yang terkandung dari nasi. Ada beberapa resep masakan dan juga cara membuatnya.Ada dua variabel dalam membuat penelitian ini yaitu: metode penelitian dan kualitas makanan. Dengan variabel ini kita bisa mengetahui tentang masakan dan manfaatnya.
1.5.2 Pembahasan
Nasi adalah berasatau kadang-kadang serealia lain yang telah direbusdan ditanak. Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.
Warna nasi yang telah masak berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang 'pera' (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).
Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.

1.5.2.1 Metode penelitian
Masakan di indonesia beranekaragam  jenis masakan yang terbuat dari nasi seperti nasi goreng, nasi kebuli, nasi uduk, nasi kucing, dan nasi lengko. Selain macam-macam masakan nasi dalam masakan nasi terdiri dari resep masakan dan manfaat nasi.
Resep Masakan adalah suatu susunan instruksi atau algoritma yang menunjukkan cara membuat suatu masakan.
dalam sebuah resep masakan harus terdapat :
  • Nama masakan
  • Komposisi atau bahan dengan kuantitasnya
  • Alat-alat yang dibutuhkan
  • Cara memasak
  • Lama waktu memasak
  • Jumlah sajian
  • Perkiraan jumlah kalori
  • Ketahanan makanan dan penyimpanan
Saat ini banyak sekali resep masakan yang beredar diinternet hal ini menunjukkan bahwa kita kaya akan jenis masakan dan beraneka ragam. Dari resep masakan yang ada banyak yang hanya sebagai kombinasi atau pengembangan dari resep masakan sebelumnya. Tetapi pengembangan resep ditangan, tangan kreatif menghasilkan jenis masakan baru bahkan lebih terkenal dan diminati dari makanan sebelum dikembangkan pengolahannya.
b.  cara membuat resep masakan nasi.
1. nasi lengko
Bahan :
  • 350 gr nasi putih
  • 1 genggam toge ( seduh dalam air panas )
  • 100 gr tempe orek
  • 1 buah mentimun ( potong dadu )
  • 150 gr tahu matang ( potong dadu )
  • kecap manis secukupnya
  • sambal kacang secukupnya
  • kerupuk secukupnya
Bahan pelengkap :
  • bawang goreng secukupnya
Bahan sambal kacang :
  • 50 gr kacang tanah goreng
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 6 buah cabe rawit
  • gula merah secukupnya
  • garam halus secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Cara membuat nasi lengko :
1. sajikan nasi putih diatas piring yang sudah disiapkan, sisihkan sejenak
2. haluskan semua bahan bumbu sambal kacang lalu tambahkan air sedikit demi sedikit
 3. panaskan minyak lalu goreng sambal yang sudah halus sampai meletup-letup dan matang, angkat sisihkan
4. tata rapih toge, mentimun, tempe orek dan tahu diatas nasi
5. tambahkan sambal kacang goreng, kecap manis dan kerupuk
6. sajikan nasi lengko dengan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya
 2.  nasi uduk
Bahan nasi:
- Siapkan 0.3 kilogram beras yang telah dicuci bersih dengan memakai air mengalir
- Siapkan 0.45 liter santan atau setara dengan satu butir kelapa
Bumbu:
- Siapkan dua lembar daun salam
- Siapkan dua butir cengkeh
- Siapkan garam secukupnya
- Siapkan dua batang serai yang diambil bagian putihnya saja lantas dimemarkan
Bahan pelengkap serta lauk dari resep nasi uduk:
- Bawang merah goreng yang digunakan sebagai taburan.
3. Nasi kebuli
Bahan :
·         1 sdm minyak
·         200 gr daging kambing, potong dadu 2 cm
·         3 butir bawang merah iris tipis
·         3 sdm Blue Band Serbaguna
·         ¼ sdt kapulaga bubuk
·         800 gr nasi putih
·         2 sdt bumbu kari bubuk
·         1 sdt ketumbar bubuk
·         ½ sdt merica hitam bubuk
·         2 bungkus Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi
·         1 sdm minyak samin
·         100 gr kismis
·         1 buah cabai merah, iris
·         2 sdm bawang merah goreng
Cara membuat
1.      Panaskan minyak di atas wajan. Masukkan daging kambing, tumis hingga matang. Masukkan bawang merah dan Blue Band serbaguna, tumis hingga harum.
2.      Masukkan kapulaga bubuk, aduk rata.
3.      Masukkan nasi, bumbu kari, dan ketumbar. Kecilkan api. Masak hingga semua bahan tercampur rata.
4.      Masukkan merica, Royco Sapi, dan minyak samin. Aduk rata. Taburi dengan kismis dan cabai. Aduk rata.
5.      Angkat, sajikan. Taburi dengan bawang merah goreng.
4.  nasi  goreng

Bahan :
- 4 piring nasi putih
- 200 gram udang buang kepala dan kulit, goreng
- 100 gram dada ayam, potong dadu, goreng
- 2 buah cabai merah, buang isinya, iris menyerong
- 2 sendok makan kecap manis
- 2 sendok makan saos tomat
- mentega secukupnya
Bahan Bumbu Halus :
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang  putih
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh terasi
Bahan Pelengkap :
- 4 butir telur ceplok
- Bawang goreng secukupnya
Cara Membuat :
  • Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan cabai merah, setelah itu masak hingga berbau harum.
  • Masukkan nasi, ayam dan udang, kemudian aduk-aduk hingga rata dan semua bahan tercampur menjadi satu dengan sempurna.
  • Angkat dan nasi goreng spesial siap disajikan selagi hangat dengan bahan pelengkapnya.
5. Nasi kucing
Bahan-bahan :
·         500 gram nasi putih
·         Kertas bungkus nasi
·         Daun pisang untuk membungkus
Bahan sambal udang:
·         100 gram udang api-api, dicuci bersih
·         1/4 sendok teh garam
·         1/4 sendok teh gula pasir
·         2 sendok makan minyak untuk menumis
·         Minyak untuk menggoreng
Bumbu halus:
·         5 buah cabai merah keriting
·         1 buah cabai merah besar
·         2 butir bawang merah
·         2 lembar daun jeruk, di buang tulang daunnya
·         1 buah tomat merah
Bahan tumis kacang:
·         100 gram kacang panjang, dipotong 2 cm
·         2 siung bawang putih, diiris
·         3 butir bawang merah, diiris
·         1 buah cabai hijau besar, diiris
·         1 buah cabai merah besar, diiris
·         1 sendok teh taoco
·         1/2 sendok teh garam
·         1/8 sendok teh merica bubuk
·         1/2 sendok teh gula merah
·         50 ml air
·         2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Pengolahan :
Sambal udang: lumuri udang dengan 1/2 sendok teh garam. Diamkan 10 menit.
·         Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan udang, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai matang.
·         Tumis kacang: panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah, dan taoco sampai harum. Masukkan kacang panjang. Aduk rata. Tambahakn garam, merica bubuk, dan gula merah. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap.
·         Ambil selembar kertas bungkus nasi. Letakkan selembar daun pisang. Sendokkan nasi putih. Letakkan sepotong daun pisang. Beri sambal udang dan tumis kacang panjang. Bungkus.
·         untuk 8 bungkus.
1.5.2.2 Kualitas makanan
a. Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan
Manfaat nasi putih bagi kesehatan yang terutama adalah sumber karbohidrat yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Indonesia menjadi salah satu negeri lumbung padi yang menghasilkan beras-beras berkualitas. Faktor tersebut yang membuat swasembada beras, yang menciptakan nasi sebagai makanan pokok kebanyakan orang Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, memang banyak mitos terdengar soal nasi yang memicu gejala penyakit diabetas pada kebanyakan orang.
b. Manfaat Nasi Bagi Tubuh
Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.
1. Sumber Energi
Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Ia merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.
2. Mendukung pertumbuhan manusia dari bayi sampai tua
Sebagai makanan pokok, nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua.
3. Meningkatkan mood baik
Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.
4. Mencegah kanker
brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh.
5. Nasi non kolesterol
nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali ataupun sodium. maka dari itu, nasi pasti juga baik untuk dimasukkan dalam menu diet seimbang.

6. Kaya akan vitamin
Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.
7. Mengobati disentri
Manfaat nasi pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri . Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.
8. Baik Untuk Tulang
Nasi merupakan “Vitamin” untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah osteoporosis di masa tua.
9. Baik untuk gigi
Pertumbuhan gigi juga di topang oleh nasi, sama sepertinya tulang, kandungan kalsium pada nasi sangat berperan untuk membentuk gigi yang kuat.
Fungsi Berdasarkan Kandungan Karbohidratnya
  1. Mengendalikan Berat Badan
  2. Mencegah berbagai penyakit
  3. Baik untuk kesehatan jantung
  4. baik untuk fungsi pencernaan
  5. Mencegah kerusakan jaringan otot
  6. Mengatur kadar gula dalam darah
  7. Mengatasi kecemasan.


1.6 Penutup
1.6.1 Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di lakukan bahwa masakan nasi di indonesia bermacam-macam seperti nasi uduk, nasi goreng, nasi kebuli, nasi lengko, dan nasi kucing. Kemudian dalam masakan nasi yang akan di buat terdiri dari resep masakan, manfaat, dan cara pembuatannya, selain itu ada hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memasak yaitu kita harus memperhatikan kualitas bahan makanan yang akan kita masak, dalam hal tentang masakan di  Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren.
1.6.2 Saran
Memasak sangat mudah untuk dilakukan oleh setiap orang jika sudah mempunyai resep dan mengetahui caranya, namun kita harus waspada dengan masakan yang akan kita masak karena jika kita tidak memperhatikan kualitas bahan yang akan kita masak  takut masakan yang akan kita buat tidak steril, misalnya bahan makanan yang sudah tidak layak untuk dimasak secepatnya di buang. Bagi masyarakat yang belum bisa memasak dan ingin tahu seputar tentang masakan kita bisa mendapatkan resep masakan melalui internet.
1.7  Daftar Pustaka
Komang sucahya 05.46.
admin February 23, 2015 Resep Masakan
Urip Rukim on 31 Januari 2010

ResepOnline.Info

Kumpulan Informasi Mengenai Resep Masakan 2016. Resep Masakan Indonesia, Eropa, Tradisonal, Jajanan Pasar, Resep Kue Kering, Kue Basah, ES Krim, Jus Buah dll.

1 komentar: