Jumat, 15 Januari 2016

PENYIMPANGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARAN KOMUNIKASI DAN SARANA INFORMASI




PENYIMPANGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL
SEBAGAI SARAN KOMUNIKASI DAN SARANA INFORMASI 

oleh : Dwi Setya Ningsih

ABSTRAK

Media sosial merupakan salah satu media elektronik yang perkembangannya begitu pesat. Semua kalangan bisa menggunakan medsos baik dari kalangan bawah maupun kalnagn atas karena penggunaannnya sangat mudah dan mudah dijangkau untuk semua khalayak. Baik anak kecil maupun orang tua pun pasti bisa menggunakan sosmed. Wilayah jangkauan media sosial sangat lah luas tdak hanya bisa berkomunikasi dalam negeri tapi dengan berbagai negeri pun bisa terjangkau. Komunikasi yang melebihi batas ini yang terkadang membuat pengguna keasikan bersosmed, ia bisa lupa waktu, bisa kecanduan, membuat malas dan sebagainya karena terlalu asik dengan dunia maya ini. Karena jaringan dan informasinya yang mudah untuk diperoleh.
Tapi dewasa ini penggunaan sosmed tidak digunakan secara baik. Fungsi sosmed yang berfungsi untuk berkomunikasi ataupun menambah informasi kini beralih sebagai saran penyimpangan sosial baik dilakukan oleh pelajar maupun masyarakat umum. Semua tindakan itu rata-rata berupa tindakan kriminal seperti penipuan, asusila, pelecehan dan lain sebagainya yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Sejauh ini tindakan seperti itu masih sering terjadi bahkan semakin marak dan semakin menjadi. Kebanyakan pelaku tindak penyimpangan tersebut yaitu anak remaja yang sedang gemar-gemarnya besosmed. Entah kurang control dari orang tua maupun oang sekelilingnya atau enah faktor pemicu lain yang menyebabkan anak sering melanggar norma-norma hukum yang ada. Sebagai pengguna media sosial yang baik dan sebagai warga Negara yang baik haruslah kita menjungjung tinggi kode etik ketika menggunakan sosial media agar tidak terjadi tindakan-tindakan yang khususnya merugikan kebaikan diri sendiri yang bisa berubah menjadi keburukan bagi orang lain sebagai manusia.





A. LATAR BELAKANG
          Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia. Tak terkecuali perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang menghasilkan berbagai macam produk-produknya guna memenuhi kebutuhan manusia dalam aspek informasi dan komunikasi. Produk teknologi informasi dan komunikasi ini pun memicu terciptanya jenis-jenis media baru dalam perkembangannya. Salah satu jenis media baru yang kehadirannya menjadi sangat fenomenal di belahan dunia saat ini adalah media sosial. Menjadi fenomenal sebab hadirnya media sosial membuat perubahan tatanan segala aspek hidup manusia.
Dewasa ini, jejaring sosial telah menjadi sangat fenomenal disetiap kalangan masyarakat di dunia. Pada saat ini telah banyak sekali situs-situs jejaring sosial yang telah tersedia, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, My Space dan masih banyak lagi jenis jejaring sosial yang telah tersedia. Tingginya pengguna jejaring sosial ini membuktikan bahwa pada dasarnya banyak sekali dampak ataupun manfaat yang disediakan dalam jejaring sosial ini.
Tentunya jejaring sosial ini akan memberikan beberapa dampak bagi penggunanya. Baik hal tersebut berupa dampak negatif ataupun positif. Jika melihat kondisi saat ini telah banyak sekali dampak positif yang telah diberikan dalam jejaring sosial ini. Akan tetapi jejaring sosial pun juga dapat memberikan dapak negatif bagi penggunannya, ini berdasarkan kasus-kasus yang tidak bermoral ataupun tidak berpendidikan telah terjadi pada saat ini.
Sejauh ini banyak kasus-kasus terjadi akibat adanya media sosial yang disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan tersendiri. Penyimpangan terhadap media sosial kerap kali terjadi yang dipicu dari berbagai faktor. Salah satu yang menjadi faktor yang menjadikan orang melakukan penyimpangan yaitu faktor ekonomi. Banyak orang melakukan penipuan di media sosial karena faktor ekonomi yang dampaknya merugikan orang banyak. Kasus tersebut terutama banyak menimpa artis-artis ternama karena penipuan tersebut. Apalagi sekarang dengan hadirnya situs instragram menambah lagi maraknya penyimpangan media sosial seperti yang sudah sering diberitakan. Mungkin orang menganggap dengan adanya media sosial tindak kejahatan akan lebih mudah dilakukan karena orang mudah terpengaruh dengan informasi yang dipaparkan. Penggunaan media sosial sejauh ini tidak digunakan secara maksimal untuk berkomunikasi maupun menambah informasi justru banyak digunakan untuk tindakan kriminal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.
B. KAJIAN PUSTAKA
1. Pengertian Media Sosial
            Sesuai dengan namanya, media yang tergolong dalam media sosial ini memiliki fungsi untuk mendukung interaksi sosial penggunanya. Dalam konteks ini, media sosial bisa digunakan untuk mempertahankan/mengembangkan relasi atau interaksi sosial yang sudah ada dan bisa digunakan untuk mendapatkan teman-teman yang baru. Menurut Van Dijk (2006:31), mengutip apa yang dilakukan oleh Stanley Milgram, rata-rata setiap elemen dalam
sebuah unit akan saling berkaitan menurut six degrees of separation, yang menyatakan bahwa
manusia dapat terhubung dengan manusia lain dengan paling banyak enam orang yang saling
berkaitan. Sejak kemunculan classmates.com dan sixdegrees.com di pertengahan tahun 1990-an, maka berbagai jenis media sosial mulai bermunculan dan bahkan sudah spesifik ke bidang-bidang tertentu. Hal ini terlihat dengan adanya media semacam Facebook, Twitter, LinkedIn (mengkhususkan untuk bisnis dan profesional), devianART (mengkhususkan ke digital art), Wayn dan CouchSurfing (travelling), Flickr (berbagi foto), dan beberapa lainnya. Dengan adanya perkembangan yang pesat ini, pengguna mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk memaksimalkan tujuan berintekasi sosial ataupun melakukan pengembangan dirinya.  
Dengan terus bermunculannya situs-situs medsos, secara garis besar medsos bisa dikatakan sebagai sebuah media online, di mana para penggunanya (user) melalui aplikasi berbasis internet dapat berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan konten berupa blog, wiki, forum, jejaring sosial, dan ruang dunia virtual yang disokong oleh teknologi multimedia yang kian canggih. Internet, medsos dan teknologi multimedia menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan serta mendorong pada hal-hal baru. Saat ini medsos yang paling banyak digunakan dan tumbuh pesat berupa jejaring sosial, blog dan wiki. Merebaknya situs medsos yang muncul menguntungkan banyak orang dari berbagai belahan dunia untuk berinteraksi dengan mudah dan dengan ongkos yang murah ketimbang memakai telepon. Dampak positif yang lain dari adanya situs jejaring sosial adalah percepatan penyebaran informasi. Akan tetapi ada pula dampak negatif dari medsos, yakni berkurangnya interaksi interpersonal secara langsung atau tatap muka, munculnya kecanduan yang melebihi dosis, serta persoalan etika dan hukum karena kontennya yang melanggar moral, privasi serta peraturan.
Berikut terdapat beberapa definisi Jejaring sosial menurut beberapa ahli antara lain :
a.       Professor J.A Barnes (Pada tahun 1954)
Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan.
b.      Andreas Kaplan da Michael
Media sosial adalah seperangkat aplikasi yang berjalan dalam jaringan internet dan memiliki tujuan dasar ideologi serta penggunaan teknologi web 2.0 yang dapat berfungsi untuk saling tukar menukar konten.
Berdasarkan pengertian dan definisi beberapa para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah subuh media yang muncul diera sekarang yang bertekhnologi serba canggih. Dapat menghubungkan komunikasi antar banyak orang baik individu maupun kelompok, baik di dalam maupun di luar negeri dengan jangkauan informasi yang sangat cepat dan luas. Dilihat dari segi ekonominya biaya untuk bermedsos lebih hemat dari pada menggunakan telephone untuk berkomunikasi. Dengan adanya sosmed ini kita bisa mengembangkan diri dengan menambah informasi dan melakukan interaksi sosial dengan banyak orang dari belahan dunia. Pengetahuan kita akan berkembang jika medsos dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Hanya saja menimbulkan dampak negative yang berupa kecanduan terhadap media sosial tapi tergantung bagaimana kita menggunakan media sosial dengan tujuan untuk mencari informasi atau hanya sekedar hiburan.
2. Perkembangan Sosial Media
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer.  Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosialmenjadi fenomenal.
2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa sebelum eranya Facebook atau MySpace, bahkan Friendster, ada sebuah jejaring sosial bernama Friends Reunited. Dari infografik dan MarketingDirecto.com, berikut  tercantum cukup lengkap perkembangan media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012.Terdapat beberapa hal menarik sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial pertama pada tahun 1998 Hingga tahun 2003. Ketika Facebook lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008. Pada saat Facebook muncul pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna. Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan akhirnya menghilang sampai sekarang. Pada tahun 1995, internet baru memiliki satu juta situs. Sementara, tiga tahun berikutnya, industridotcom sudah sulit diprediksi. Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia. Dari infografik ini juga menunjukkan bagaimana bisnis di media sosial cukup kejam, bagaimana MySpace yang menggeser Friendster, tapi lalu akhirnya harus menyerah oleh Facebook. Google+ mungkin belum tampak cukup besar untuk menggeser Facebook, tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkanFacebook butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5 tahun. Kemungkinan apapun bisa terjadi. Google+ yang baru lahir tahun 2011, apakah butuh selama itu untuk menggeser Facebook? Berikut adalah sedikit gambaran tentang evolusi media social.

3. Situs-situs Jejaring Sosial
Dewasa ini banyak sekali jumlah dari situs jejaring sosial. Ini merupakan salah satu pembuktian bahwanya pengguna dan peminat dari jejaring sosial yang sangat tinggi, pengguna yang tinggi ini juga membuktikan bahwa manfaat dengan menggunakan jejaring sosial sangat banyak. Berikut akan dijelaskan beberapa situs-situs jejaring sosial yang sangat popular dikalangan masyarakat dunia saat ini.
Berikut beberapa situs jejaring sosial yang popular saat ini :
Ƙ  Facebook
Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang sangat popular di dunia saat ini. Hampir seluruh masyarakat disetiap Negara menggunakan situs ini sebagai media sosial yang digunakan untuk berhubungan dan berinteraksi antara satu sama lain. Dengan menggunakan facebook kita dapat berinteraksi antar satu sama lain, bergabung dalam ke beberapa komunitas, intinya adalah untuk melakukan interaksi antar pengguna situs ini. Banyak sekali fitur untuk melakukan interaksi dan berhubungan dengan orang lain yang disediakan dalam situs ini seperti chatting dan masih banyak lagi, sehingga pengguna facebook sangat nyaman menggunakan situs ini.
Facebook ini sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Facebook diluncurkan untuk pertama kali pada tanggal 4 Febuari 2004. Dan sejak 11 September 2006 setiap orang dengan email apapun dapat mendaftar di facebook. Pengguna Facebook sangat tinggi dan fenomenal bahkan pada akhir tahun 2008 CEO Mark Zuckerberg mengumumkan pengguna aktif facebook tembus dianka 100 juta, kenaikannya mencapai 135% pertahun. Peningkatan jumlah pengguna Facebook selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.
Ƙ  Twitter
Twitter juga merupakan salah satu jenis situs jejaring sosial yang popular di dunia saat ini. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2013 kemarin pengguna Twitter tembus diangka 500 juta pengguna, hampir mendekati jumlah pengguna Facebook. (Sumber : Detikinet.com).
Twitter sendiri adalah jejaring sosial dan micro-blogging  yang memfasilitasi penggunannya dapat memperbarui atau memberikan updateinformasi tentang pengguna, bisnis, organisasi, dan lain sebagainya. Twitter ini didirikan oleh 3 orang yaitu : Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams yang didirikan pada bulan Maret tahun 2006. Dan peluncurannya itu pada bulan jili di tahun 2006 juga.
Ƙ  Instagram
Sama halnya dengan facebook dan twitter Instagram merupakan salah satu situs jejaring sosial yag juga popular di dunia. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2014  pengguna instagram cukup tinggi yaitu mencapai 200 Juta pengguna, dengan jumlah foto yang telah terunggah sebanyak 20 Milyar foto. (Sumber : Okezone.com)
Jumlah pengguna instagram itu sendiri merupakan jumlah yang cukup banyak, yang diikuti jumlah foto yang telah terunggah tersebut sangat banyak. Hal ini juga membuktikan bahwa manusia sangat tertarik untuk menggunakan situs / aplikasi ini, yang juga menunjukan ada banyak fasilitas yang dinikmati oleh penggunanya dalam aplikasi atau situs ini.
Instagram didirikan atau dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Instagram ini sendiri merupakomunitas untuk melakukan aktivitas saling berbagi foto dan antara pengguna satu dengan pengguna yang lainnya dari seluruh dunia. Dimana dalam instragram ini sendiri pengguna dapat mengunggah setiap foto yang kita miliki ataupun kita bisa melihat hasil karya seseorang dalam bentuk foto menggunakan instragram, da uniknya pengguna juga dapat saling memberikan komentar ataupun memberi tanda “like” atas foto yang telah diunggah, pengguna pun juga dapat menunjukan lokasi dimana foto tersebut dibuat. Dan tentunya masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan dalam aplikasi/situs ini. Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa saat ini pengguna instagram sangat cepat berkembang.
Ƙ  Skype
Skype merupakan salah satu situs jejaring sosial yang popular saat ini. Yang menjadi unik dari skype adalah pengguna dapat melakukan video call ataupun telepon secara gratis menggunakan aplikasi ini. Skype cukup banyak penggunanya saat ini. Hal ini dikarenakan fasilitas-fasilitas yang telah ditawarkan dalam sangat bermaanfaat sekali, bahkan telah menjadi salah satu kebutuhan kebanyakan orang.
Ƙ  Path
Path diluncurkan pada awal bulan November 2010 dan sejak itu juga path mampu menghasilkan jutaan user. aplikasi yang dapat memberikan penggunanya fasilitas untuk memotret semua pengalaman mereka. Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
Ƙ  Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri
4. Dampak Positif dan Nagatif Jejaring Sosial Menurut Kacamata Islam
·         Dampak Positif Jejaring Sosial dalam kacamata Islam
Banyak sekali manfaat yang telah diberikan oleh jejaring sosial oleh kebanyakan masyarakat. Inti utama dari penggunaan jejaring sosial adalah kegiatan interaksi antara satu pengguna dengan pengguna yang lain. Penggunanya pun dapat keluarga kita sendiri, sahabat, teman-teman, dan pengguna pun dapat menemukan keluarga dan teman baru melalui media ini, secara umum ini tentunya sesuai dengan syariat islam, dimana melalui jejaring sosial ini maka si pengguna dapat tetap menjalin kerjasama dan silahturahmi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Berikut ini secara rinci beberapa dampak positif dari penggunaan Jejaring sosial menurut kacamata islam :
-          Menciptakan dan menjaga Silahturahmi
Dengan menggunakan jejaring sosial telah tampak jelas bahwa banyak sekali fasilitas yang mewadahi pengguna untuk selalu melakukan aktifitas silahturahmi antar satu sama lain. Seperti Facebook, pengguna dapat selalu berinteraksi dengan sahabat atau dengan keluarganya untuk berhubungan, saling cerita, setiap saat walaupun jaraknya mereka sangat jauh. Ini merupakan salah satu bukti bahwa jejaring sosial dapat dijadikan media untuk selalu menjaga silahturahmi antar satu pengguna dengan pengguna lainnya. Bahkan penggunannya dapat menemukan keluarga baru melalui media ini. Tentunya hal ini sesuai dengan pandangan ataupun ajaran Islam, karena telah tampak jelas Islam selalu mengajarkan untuk menjaga silahturahmi anatr satu umat dengan umat yang lain. Selalu menjaga komunikasi yang baik dan selalu untuk berupaya mencari sahabat ataupun teman-teman baru. Dalam Surat Al-Hujurat ayat 13, yang artinya “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”
Berikut juga terdapat satu ayat yang terdapat dalam Al-Quran yang menunjukan betapa pentingnya untuk selalu menjaga silahturami yaitu terdapat dalam Q.S an-nisa:1 yang artinya “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."
Intinya dengan menggunakan media apapun termasuk jejaring sosial ketika manusia dapat menjaga silahturahmi tentunnya hal tersebut sesuai dengan ajaran islam, karena islam sangat mendukung agar setiap manusia agar selalu menjaga silahturahmi antar satu umat dengan umat yang lainnya.
-          Promosi bisnis ataupun organisasi
Melalui jejaring sosial pengguna juga dapat memanfaatkan salah satu fasilitas yang terdapat didalamnya untuk mempromosikan suatu bisnis bahkan organisasi yang si pengguna miliki. Si pengguna dapat dengan mudah untuk mempromosikan bisnis yang dia miliki, mempromosikan produk-produk yang akan dijual (menemukan pelanggan baru), mempromosikan suatu organisasi yang dia miliki dan masih banyak lagi. Tentunya juga hal ini juga didukung oleh Islam, promosi yang dilakukan promosi bisnis yang bersifat benar dan bahkan melalui jejaring sosial ini promosi yang dilakukan dapat dipermudah, dan bisa menjadi salah satu media untuk memperlancar mencari rezeki dikarenkan promosi yang dilakukan sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan .
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi (untuk mencari rezki dan usaha yang halal) dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung  (QS al-Jumu’ah:10).
·         Dampak Negatif Jejaring Sosial dalam kacamata Islam
Selain dampak positif yang diberikan oleh jejaring sosial, dewasa ini jejaring sosial juga dapat memberikan berbagai dampak negatif bagi para penggunannya. Bahkan telah banyak kasus, khususnya di Indonesia, telah banyak kasus-kasus yang tidak bermoral, sama sekali bertentangan dengan ajaran Islam yang terjadi dikarenakan melalui media jejaring sosial ini. hal ini terjadi dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situs-situs jejaring sosial, situs yang paling banyak digunakan yaitu Facebook. Berikut dampak negatif dari penggunaan jejaring sosiak dalamm kacamata Islam.
-          Lupa waktu, boros, dan menyebabkan kecanduan
Dengan berbagai kemudahan, dan fasilitas yang telah diberikan melalui jejaring sosial tentunya hal tersebut juga dapat memanjakan penggunanya. Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dengan menggunakan jejaring sosial yaitu dapat membuat pengguna lupa waktu, dan tentunya menyebabkan kecanduan. Menggunakan jejaring sosial memang gratis, akan tetapi seperti yang kita ketahui untuk menggunakan jejarinng sosial si pengguna harus menggunakan internet, dan untuk menggunakan internet si pengguna ujung-ujungnya akan mengeluarkan uang untuk membeli paket internet tersebut. Dengan fasilitas yang diberikan oleh jejaring sosial pengguna akan mengalami kecanduan dalam penggunaannya, karena fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini seperti bertukar informasi, video call, chatting, share foto dan lain-lain. Dan hal tersebut memang menyenangkan, sehingga menyebabkan kecanduan dan si pengguna pun juga akan lupa waktu. Dan ketika kecanduan tersebut terjadi maka si pengguna akan boros.
Hal ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Karena Allah Swt sangat melarang umat-Nya untuk lupa akan waktu dan boros. Berikut beberapa ayat yang terdapat Al-Quran yang melarang secara keras boros, terdapat dalam Surat al-isra ayat 26, yang artinya “Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros”
Dan juga terdapat juga dalam surat al-isra ayat 27 yang artinya“Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya”. Terdapat juga dalam ayat 29, yang artinya Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenngu pada lehermu (terlalu kikir) dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya (terlalu boros), karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal 
-          Kebenaran Informasi yang ambigu dan Menipu
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa dengan menggunakan jejaring sosial si pengguna dapat dengan mudah dan bebas meninformasikan segala hal melalui jejaring sosial seperti melalui facebook. Beberapa informasi yang telah di share belum dapat di jamin kebenarannya. Bahwa akun pengguna pu belum dapat diketahui kebenarannya. Dengan berbagi alasan ini telah banyak kasus yang tidak bermoral yang telah terjadi dikarenakan oleh jejaring sosial. Salah satu situs yang paling banyak terjadi kasus-kasus yang negatif terjadi melalui situs facebook. Kasus yang paling bayak terjadi yang yaitu kasus penipuan, pelecehan seksual dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena informasi yag telah di bagi beberapa pengguna beberapa mash dipertanyakan kebenarannya. Dan hal ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang tidak bermoral, sangat bertentangan dengan ajaran islam. Seperti penipuan dan paling parahnya pelecehan seksual dan pelecahan seksual ini terjadi karena disebabkan beberapa oknum yang melakukan penipuan/kebohongan dan mengajak untuk bertemu dengan pengguna yang lain, dan pelecehan ini terjadi. “Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah mereka yang tidak mengimani (mempercayai) tanda-tanda kekuasaan Alloh. Mereka adalah kaum pendusta”. (An-Nahl: 105)
5. Kelebihan Media Sosial
Berikut ini beberapa kelebihan medsos dibandingkan media konvensional, antara lain:
1. Cepat, ringkas, padat dan sederhana. Kalau kita lihat, setiap produksi media konvensional membutuhkan keterampilan khusus, standar yang baku dan kemampuan marketing yang unggul. Sebaliknya, medsos begitu mudah digunakan (user friendly), bahkan pengguna tanpa basis pengetahuan Teknologi Informasi (TI) pun dapat menggunakannya. Yang diperlukan hanya komputer, tablet, smartphone, ditambah koneksi internet.
2. Menciptakan hubungan lebih intens. Media-media konvensional hanya melakukan komunikasi satu arah. Untuk mengatasi keterbatasan itu, media konvensional mencoba membangun hubungan dengan model interaksi atau koneksi secara live melalui telepon, sms atau Twitter. Sedangkan medsos memberikan kesempatan yang lebih luas kepada user untuk berinteraksi dengan mitra, pelanggan, dan relasi, serta membangun hubungan timbal balik secara langsung dengan mereka.
3. Jangkauan luas dan global. Media-media konvensional memiliki daya jangkau secara global, tetapi untuk menopang itu perlu biaya besar dan membutuhkan waktu lebih lama. Sedangkan melalui medsos, siapa pun bisa mengkomunikasikan informasi secara cepat tanpa hambatan geografis. Pengguna medsos juga diberi peluang yang besar untuk mendesain konten, sesuai dengan target dan keinginan ke lebih banyak pengguna.
4. Kendali dan terukur. Dalam medsos dengan sistem tracking yang tersedia, pengguna dapat mengendalikan dan mengukur efektivitas informasi yang diberikan melalui respons balik serta reaksi
yang muncul. Sedangkan pada media-media konvensional, masih membutuhkan waktu yang lama.

6. Peran, Manfaat, Fungsi, dan Tujuan Media Sosial
Berikut ini sikap yang harus kita kembangkan terkait dengan peran, manfaat dan fungsi medsos:
1.      Sarana belajar, mendengarkan, dan menyampaikan. Berbagai aplikasi medsos dapat dimanfaatkan untuk belajar melalui beragam informasi, data dan isu yang termuat di dalamnya. Pada aspek lain, medsos juga menjadi sarana untuk menyampaikan berbagai informasi kepada pihak lain. Kontenkonten di dalam medsos berasal dari berbagai belahan dunia dengan beragam latar belakang budaya, sosial, ekonomi, keyakinan, tradisi dan tendensi. Oleh karena itu, benar jika dalam arti positif, medsos adalah sebuah ensiklopedi global yang tumbuh dengan cepat. Dalam konteks ini, pengguna medsos perlu sekali membekali diri dengan kekritisan, pisau analisa yang tajam, perenungan yang mendalam, kebijaksanaan dalam penggunaan dan emosi yang terkontrol.
2.      Sarana dokumentasi, administrasi dan integrasi.Bermacam aplikasi medsos pada dasarnya merupakan gudang dan dokumentasi beragam konten, dari yang berupa profil, informasi, reportase kejadian, rekaman peristiwa, sampai pada hasilhasil riset kajian. Dalam konteks ini, organisasi, lembaga dan perorangan dapat memanfaatkannya dengan cara membentuk kebijakan penggunaan medsos dan pelatihannya bagi segenap karyawan, dalam rangka memaksimalkan fungsi medsos sesuai dengan target-target yang telah dicanangkan Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan medsos, antara lain membuat blog organisasi, mengintegrasikan berbagai lini di perusahaan, menyebarkan konten yang relevan sesuai target dimasyarakat, atau memanfaatkan medsos sesuai kepentingan, visi, misi, tujuan, efisiensi dan efektifitas operasional organisasi.
3.      Sarana perencanaan, strategi dan manajemen. Akan diarahkan dan dibawa ke mana medsos, merupakan domain dari penggunanya. Oleh sebab itu, medsos di tangan para pakar manajemen dan marketing dapat menjadi senjata yang dahsyat untuk melancarkan perencanaan dan strateginya. Misalnya saja untuk melakukan promosi, menggaet pelanggan setia, menghimpu loyalitas customer, menjajaki market, mendidik publik, sampai menghimpun respons masyarakat.
4.      Sarana kontrol, evaluasi dan pengukuran. Medsos berfaedah untuk melakukan kontrol organisasi dan juga mengevaluasi berbagai perencanaan dan strategi yang telah dilakukan. Ingat, respons publik dan pasar menjadi alat ukur, kalibrasi dan parameter untuk evaluasi. Sejauh mana masyarakat memahami suatu isu atau persoalan, bagaimana prosedur-prosedur ditaati atau dilanggar public dan seperti apa keinginan dari masyarakat, akan bisa dilihat langsung melalui medsos. Pergerakan keinginan, ekspektasi, tendensi, opsi dan posisi pemahaman publik akan dapat terekam dengan baik di dalam medsos. Oleh sebab itu, medsos juga dapat digunakan sebagai sarana preventif yang ampuh dalam memblok atau memengaruhi pemahaman publik.

C. ANALISIS dan PEMBAHASAN

1. Penyimpangan Sosial di Internet dan Penyebabnya

Berikut merupakan macam-macam perilaku menyimpang dalam berinternet:
1.      Kecanduan akan dunia online
Kecanduan, seakan kata ini mempunyai image negatif, dan juga tentang dampak negatif Internet.  Jejaring sosial sepertif : Facebook, Twitter, Game Online, dan Perjudian Online, aktivitas-aktivitas tersebut yang dapat membuat seseorang seakan-akan“Lupa daratan tidak ingat lautan”. Seseorang yang sudah keasyikan berada dalam dunia online akan lupa segalanya, misalnya, lupa akan belajar, membantu orangtua, dan lupa akan hal-hal yang lebih bermanfaat lainnya. Bahkan seperti sebuah sumber menyebutkan pada akhir tahun 2012 kemarin, seorang anak mengakhiri hidupnya karena game online, mungkin hal tersebut disebabkan karena anak itu kalah dalam permainan dan lain yang berhubungan dengan game online.
Menurut Pusat Internet Addiction Recovery Website (Ironic), penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak orang di seluruh dunia telah menjadi kecanduan aktivitas Online seperti Game Online , Facebook, Twitter, Perjudian dan browsing situs-situs yang bersifat terselubung.

2.      Penipuan 
 Bukan hanya seratus atau dua ratus orang bahkan jutaan orang pernah menjadi korban penipuan di internet. Dan ratusan juta dollar melayang berpindah tangan, memang banyak diakui perilaku menyimpang ini juga marak terjadi. Sangat banyak jalan untuk melakukan penipuan lewat internet. Dan sebagian besar melalui sarana email. Misalnya kita menerima kita menerima email-email yang mengatasnamakan suatu lembaga tertentu, meminta sumbangan meminta data-data rekening bank, data-data pribadi dengan alasan memperoleh hadiah atau yang lainnya.Waspadailah, email menjadi sarana mudah untuk menjerat korban penipuan dari pemakai internet yang kurang jeli. Bila menerima email tidak jelas jangan diklik link tautan yang diberikan, delete saja langsung, jangan ambil resiko. Facebook juga rawan terhadap penipuan seperti media media lainnya, Apalagi bagi anak anak pelajar yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan. Belakangan penipuan via facebook kian merajalela.

3.      Pelecehan online
Pelecehan tidak hanya dilakukan melalui kata, ucapan atau perbuatan, tetapi juga bisa melalui internet. Chat room, papan pesan, dan situs jaringan social semisal facebook dan twitter yang dibuat tempat baru untuk memaki dan melecehkan korban. Para pengumpat dan pemaki hanya dapat bersembunyi di balik tabir layar computer dan bahkan tetap anonym, sementara korban terluka bahkan tersiksa. Bayangkan rahasia pribadi, gossip, komentar dan fitnah yang menurunkan intergritas korban, didistribusikan kepada teman-teman korban, bayangkan korban dibombardir dengan pesan-pesan penuh kebencian dan ancaman setiap hari. Mungkin semua pengguna akun facebook dan twitter memiliki ribuan teman,tapi dari sekian ribu teman ada yang serius dan yang bermaksud bercanda, banyak yang mengumpat, mengolok-olok, bahkan melecehkan dengan kata yang tidak sewajarnya. Inilah contoh korban cyber-bullyng dan pelecehan bertahan hingga menjadi perhatian internasional ketika anak 13 tahun Amerika Megan Meiger gantung diri setelah dimaki-maki secara online. Penyelidikan menunjukkan bahwa ibu dari salah satu mantan teman Megan sudah membuat account Myspace yang telah mengirimkan pesan pelecehan kepada Megan.

4.      Membuka situs yang tidak senonoh
Aktivitas ini dewasa ini kian marak. Pelajar bahkan anak kecil membuka situs-situs yang tidak wajar, seperti membuka situs video dewasa. Hal ini membuat anak berpikir negatif, dan bahkan akan melakukan hal yang ditontonnya. Perilaku menyimpang pun akan semakin marak.

5.      Cybercrime
Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
-          Melintasi batas Negara
-          Perbuatan dilakukan secara illegal
-          Kerugian sangat besar
-          Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
1. Hacking
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
  2. Cracking
Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan pada jaringan tersebut.


6.      Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Mudah sekali bagi para pecandu internet atau facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan sex. Karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan, inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.

7.      Violence and gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

8.      Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

  1. Perjudian online
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

10.  Minimnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain internet atau facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial pelajar. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang nggak penting. Akibatnya kemampuan verbal pelajar menurun.

11.  Boros
Akses internet khususnya untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan ( terlebih kalau akses dari warnet ). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg garatis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis.

12.  Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para pecandu internet atau facebookers. Buat mereka temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.

13.  Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola jaringan internet atau khususnya facebook terhadap para anggotanya dan ketidakdewasaan pengguna internet atau facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.

3. Upaya Mengatasi Perilaku Menyimpang Dari Penggunaan Media Sosial
1. Melakukan antisipasi sebelum penggunaan internet dengan mencari sumber  dari situs yang terpercaya sebagai sumber mencari informasi.
2. Memanfaatkan internet  sesuai dengan kebutuhan, dan tidak tertarik pada tawaran dari iklan-iklan yang menggiurkan di berbagai situs di dunia maya.
3. Menyadari dan menghindari dampak negatif dari internet.
4. Memilah dan memilih informasi di dunia maya yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyrakat.
5. Tidak mengikuti kebiasaan dari luar negeri yang secara mudah dapat disaksikan dalam internet, perlu adanya filterisasi budaya yang bijak bagi para pengguna internet.
6. Menjaga data yang bersifat privasi dengan secermat mungkin, agar hal-hala yang tidak diinginkan bisa dihindari.
7. Memegang teguh nilai-nilai luhur yang ada dalam masyarakat, sehingga tidak mudah terjerumus dalam kenegatifan pengaruh internet.
8. Mengamalkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat sehingga kita memiliki prinsip dan ketetapan tersendiri dalam melakukan kegiatan penggunaan internet.
9.  Melakukan pengawasan bagi orang dewasa untuk anak-anak dalam menggunakan internet.
10. Jangan jadikan internet sebagai prioritas utama dalam memperoleh informasi, namun bisa melalui media lain seperti media cetak, televise maupun radio.



D. SIMPULAN dan SARAN

            Media sosial adalah salah satu media yang sangat baik digunakan untuk berkomunikasi maupun menambah infromasi bagi manusia karena jaringan yang disediakan sangat luas dan tanpa batas. Tinggal terapkan saja penggunaan cara yang baik dalam bersosial media. Jangan disalah artikan untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Media sosial sangat membantu kita untuk menyebarkan infromasi karena sangat mudah penyampaiannya, tidak memerlukan banyak tenaga maupun waktu untuk untuk penyampaiannya, hanya dalam hitungan detik informasi tersebut dengan mudah tersampaikan.

Saran
Dalam penggunaan media sosial, agar tidak terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh kebanyakan orang perlu dilakukan tindakan tegas dan pengawasan dari berbagai pihak agar hal tersebut tidak mudah terjadi. Diantaranya sebagai berikut:
-          Bagi para orang tua, awasi anak anda jika sedang asik bermain handphone. Sering cek hp anak anda mengenai isi hp nya dan awasi jika mengalami perubahan sikap.
-          Bagi pengguna media sosial, lakukan hal sebaik mungkin dengan sosmed anda jangan salahgunakan sosmed yang sekiranya dapat merugikan orang banyak.
-          Bagi masyrakat umum, perlu lebih adanya penekanan terhadap nilai dan norma sosial yang berlaku untuk mengarahkan, membimbing dan menggunkan sosmed dengan baik dan benar.






DAFTAR PUSTAKA


Onong, U.Effendy. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: CV. Remadja  
            Rosdakarya.
Rahardjo, Turnomo. 2013. Isu-isu Teoritis Media Sosial. Bab Buku Komunikasi  
             2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.
Utari, Prahastiwi. 2011. Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran  
           Teori  Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi.  
           Yogyakarta:   Aspikom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar