JURNAL
PENGGUNAAN TRANPORTASI ONLINE DENGAN METODE APLIKASI
TELPON PINTAR
oleh : Budi Hartono
KAJIAN TEORI
Sejarah transportasi dimulai sejak roda ditemukan
sekitar 3500 tahun yang lalu, transportasi adalah perpindahan manusia atau
barang dari satu tempat ke tempat yang
lain yang digerakan oleh manusia.
Sejarah bajaj diketahui berasal dari India. nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan
merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto. ada juga serial komedi lawak drama di TV yaitu bajaj bajuri, serial
komedi yang bercerita tentang seorang sopir bajaj. baktanya juga, bajaj ini
juga merupakan kendaraan yang diluncurkan dari bajaj auto yang mengeluarkan
sepeda motor bajaj seperti Bajaj pulsar, dll. juga
merupakan dari satu asal merek kendaraan India. bajaj beroda tiga, satu di
depan dan dua di belakang, dengan bentuk kemudi mirip seperti kemudi sepeda
motor daripada kemudi mobil. untuk di Jakarta, warna bajaj ada dua, yaitu biru dan oranye. di pintu depan bajaj, biasanya
tertulis daerah operasi bajaj, yang biasanya terbatas pada satu kotamadya saja.
Kapasitas penumpang bajaj adalah dua
orang, atau ditambah satu anak kecil, yang semuanya akan duduk di belakang
sopir bajaj. Suara mesin 2 langkah bajaj sangatlah memekakkan telinga. namun,
karena fisiknya yang relatif kecil, bajaj dapat diandalkan untuk menerobos
kemacetan ibu kota.
Sejarah sepeda motor di indonesia
pertama kali dimiliki oleh orang asal inggris bernama John C. Poter 1893 yang
dipesan langsung dari jerman. Untuk sepeda motor pertama di dunia adalah dari
jerman tahun 1885oleh gottlieb dan wilhelm namun belum diproduksi masal. Sepeda
motor masuk pertama kali di amerika tahun 1895
Di Jakarta, ojek
sepeda muncul pada 1970 di Pelabuhan Tanjung Priok. “Adanya larangan terhadap
bemo, becak, dan lain-lain masuk ke Pelabuhan Priok menyebabkan orang-orang
yang mempunyai sepeda mendapat kesempatan untuk menawarkan jasa-jasanya,” tulis
Kompas, 12 September 1970.
1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang masalah
Penggunaan
aplikasi dalam transportasi bajaj online merupakan upaya untuk meningkatkan
pelayanan transportasi di jakarta, sama halnya dengan ojek online yang sudah
ada lebih dahulu tranportasi bajaj menggunakan aplikasi yang dapat diunduh
ditelpon pintar yang berbasisi android, ini memudahkan bagi penumpang yang
ingin menggunakan bajaj online untuk mengantarkan ke tempaat tujuannya. Bukan
tanpa masalah ini dapat mengundang kecemburuan bagi pengemudi bajaj yang tidak
menggunakan sisitem online dalam mendapatkan penumpang, kalah persaingan
disinyalir dapat menurunkan penghasilan mereka.
begitu juga ojek online
kehadirannya mengusik pengendara ojek lain yang tidak menggunakan sistem
aplikasi.
1.2 Rumusan
masalah
Berdasarkan
uraian dari latar belakang masalah, dapat diketahui permasalahnnya yaitu
pergesekan antara moda transportasi yang bebasis aplikasi online dengan moda
tranportasi reguler, lemahnya Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)
terhadap pengguna moda transportasi yang berbasis aplikasi online, dan tidak
masuknya ojek dalam UU No. 22 Tahun 2009
tentang lalu lintas dan angkutan Jalan, karena ojek bukan merupakan angkutan
perkotaan di jalan-jalan utama.Perkembangan teknologi mengharuskan semua aspek
dalam kehidupan berselaras dengan kemajuan zaman seperti halnya transportasi,
sekarang banyak transportaasi yang mengkolaborasikannya dengan aplikasi yang
ada dalam telpon pintar untuk meningkatkan pelayanan.
2.
BAHAN
DAN METODE
Daerah perkotaan seperti jakarta banyak yang menwarkan jasa tranportasi
online, selama
beberapa hari terakhir di Hall A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. diramaikan dengan ribuan
orang yang ingin mendaftar sebagai pengendara Go-Jek. fenomena ini menimbulkan
pertanyaan baru khususnya hubungan kerja antar perusahaan dengan pengendara
jasa transportasi berbasis aplikasi atau online tersebut dengan
pengendara. selain Go-Jek, masih banyak lagi perusahaan penyedia transportasi
lainnya yang mengandalkan teknologi canggih, seperti GrabBike, Uber Taxi, Easy
Taxi maupun Grab Taxi.
Di jurnal ini akan membhaasa tentang
seberpa efektif transportasi online ini
bagi warga jakarta dalam berpergian mengingat moda transportasi masal di
jakarta sangat buruk. denggan menggunakan generalisasi tidak sempurna sebagai
metode untuk mensurvai, dengan mengajukan pertanyaan kepada 50 warga jakarta
tentang seberapa puas ketika menggunakan transportasi online. Acuan nilainya
yaitu 1-3 (kurang memuaskan), 4-7
(memuaskan), 8-9 (sangat memuaskan) selain
itu beberapa konflik terjadi antar penyewa jasa transportasi dengan dalih bahwa
transportasi onine telah menyerobot
penumpang transportasi reguler, hal ini menarik untuk diteliti dan dari segi
hukum apakah transportaaasi online disahkan
legalitasnya oleh organda pemda DKI jakarta.
3.
HASIL
Setelah dilakukan penelitian terhadap
transportasi online yang ada di jkarta diperoleh hasil bahwa tigkat kepuasan
penumpang terhadap pelayanan ini adalah tinggi yaitu mencapai angka 8 (ssangat
puas),. penulis menggunakan metode generalisasi tidak sempurna dengan mensurvei
masyarakat jakarta, selain itu dari pemda DKI melalui orgaanda menyebutkan
beberapa transportasi online dipertanyakan legalitasnya seperti ojek dan taxi uber karena kendaraan ini tidak termasuk
dalam UU No. 22 Tahun 2009
tentang lalu lintas dan angkutan Jalan, ojek daan taxi uber bukan merupakan angkutan perkotaan di jalan-jalan
utama.
4.
PEMBAHASAN
Berkembangnya teknologi memudahkan
kegiatan manusia dalam keseharian, telpon genggam bukan lagi menjadi barang
mewah karena sudah menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi yang
menandakan bahwa manusia adalah mahluk sosial
4.1 Pengertian
transportassi
Transportasi
adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain,
yang digerakan oleh manusia. transportasi digunakan untuk memudahkan aktivitas
manusia dalam kegiatan sehari-hari, di negara maju kebanyakan warganya
menggunakan sarana transportasi umum beda halnya dengan yang ada di indonesia.
Transportasi di bagi menjadi tiga, yaitu transportaasi darat,
laut dan udara.
transportasi udara
merupakan transportasi yang membutuhkan cukup banyak uang untuk menggunakanya,
selain karena memiliki teknologi canggih
transportasi darat juga lebih cepat dibandingkan dengan transportasi lainnya.
Transportasi darat terdiri dari mobi, kereta, becak dan
lain-lain, sedangkan transportasi laut berupa kapal laut dan kapal veri.
4.2 Sejarah
transportasi
Transportasi
dimulai sejak ditemukannya ban pada sekitar 3500 tahun lalu, penemuan roda ini
sebagai cikal bakal transportasi modern seperti sekarang.
4.2.1
sejarah bajaj
Bajaj
diketahui berasal dari India. nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan
merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto. ada juga serial komedi lawak drama di TV yaitu bajaj bajuri, serial
komedi yang bercerita tentang seorang sopir bajaj. faktanya juga, bajaj ini
juga merupakan kendaraan yang diluncurkan dari bajaj Auto yang mengeluarkan
sepeda motor bajaj seperti bajaj pulsar, dll juga merupakan dari satu asal
merek kendaraan India.
Bajaj memiliki roda tiga, satu di depan dan dua di
belakang, dengan bentuk kemudi mirip seperti kemudi sepeda motor daripada
kemudi mobil. untuk di Jakarta, warna bajaj ada dua, yaitu biru dan oranye. Di pintu
depan bajaj, biasanya tertulis daerah operasi bajaj, yang biasanya terbatas
pada satu kotamadya saja, kapasitas
penumpang bajaj adalah dua orang.
4.2.2
sejarah sepeda motor
Sejarah
sepeda motor di indonesia pertama kali dimiliki oleh orang asal inggris bernama
John C. Poter 1893 yang dipesan langsung dari jerman. untuk sepeda motor
pertama di dunia adalah dari jerman tahun 1885oleh gottlieb dan wilhelm namun
belum diproduksi masal. Sepeda motor masuk pertama kali di amerika tahun 1895.
Di Jakarta, ojek sepeda muncul pada 1970
di Pelabuhan Tanjung Priok. “Adanya larangan terhadap bemo, becak, dan
lain-lain masuk ke Pelabuhan Priok menyebabkan orang-orang yang mempunyai
sepeda mendapat kesempatan untuk menawarkan jasa-jasanya,” tulis Kompas,
12 September 1970.
4.3 Penggunaan
tranportasi online
Dulu
pemerintah membatasi kendaraan becak yang beroperasi, hanya pada jalan-jalan
tertentu saja mereka boleh beroperasi sedangkan di jalan utama ibu kota becak
dilarang keras karena dinilai lamban dan menjadi biang kemacetan, setelah
kebijakan itu diterapkan oleh pemerintah, jakarta masih tetap macet. banyaknya
masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi dan sedikitnya yang menggunakan
transportasi angkutan umum menyebabkan daya tampung jalan raya tak sebanding
dengan volume kendaraan yang setiap tahun selalu meningkat sedangkan pelebaran
jalan selalu tetap, hal ini yang tidak disadari masyarakat dan akibatnya
jalanan ibu kota seakan mengalami kemacetan abadi yang belum terurai sampai
sekarang.
Masyarakat
indonesia khususnya di kota-kota besar sudah bosan dengan kemacetan yang ada,
mereka butuh pelayanan yang memadai dari transportasi masal yang disediakan
pemerintah. Seperti jakarta, bus-way
yang sudah beroperasi sejak tahun 2007 yang dieluh-eluhkan akan berhasil
mengatasi kemacetan ternyata tidak dapat berkontribusi banyak mengurai
kemacetan
armada bus yang mudah
rusak menaambah catatan kelam bagi bus-way.
kendaraan bajaj yang
dulu dituding sebagai penyumbang polusi dan bising dengan mesin 4 taknya kini
telah bermetamorfosis menjadi bajaj bermesin 2 tak dan berbahan bakar gas
sehingga polusi yang dihasilkan minim, tidak bising dan tidak bergear-getar saat
dioperasikan kini menjadi bintang baru dijalan, dengan tarif yang murah dan
dapat di pesan dengan cara online lewat aplikasi yang ada di telpon pintar
setelah pemda DKI melalui organda meluncurkan bajaj online pada pertengahan
tahun 2015.
Senada dengan bajaj online, ojek online kini menjadi primadona
baru bagi para penumpang yang ingin segera sampai pada tempat tujuan, ojek
online sudah beroperasi pada tahun 2014. namun masih dipertanyakan lagalitasnya
sebagai moda transportasi angkutan umum, karena menurut dalam UU No. 22 Tahun 2009
tentang lalu lintas dan angkutan jalan, karena ojek bukan merupakan angkutan
perkotaan di jalan-jalan utama. “Kata
(Koordinator Komisi Edukasi dan Komunikasi BPKN, David M.L. Tobing)”.
4.4 Metode
aplikasi telpon pintar
Berkembangnya
teknologi memudahkan kegiatan manusia dalam keseharian, telpon genggam bukan
lagi menjadi barang mewah karena sudah menjadi kebutuhan manusia untuk
berkomunikasi yang menandakan bahwa manusia adalah mahluk sosial, perusahaan
yang bergerak dibidang telekomunikasi berlomba-lomba untuk menghasilkan produk
yang unggul dengan kelebihan dalam mengakses inernet dengan cepat menggunakan
4G. karena kebutuhan internet yang
sangat tinggi maka sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia
dan ini yang dimanfaatkan oleh beberpa orang untuk berwirausaha di dunia maya,
termasuk beberpa perusahaan yang bergerak di bidang jasa mereka menawarkan ojek
online hanya dengan mengunduh aplikasi lewat telpon pintar dan kita bisa
menggunakan layanan ini, sangat efektif untuk melwan kemacetan dan untuk kita
yang buru-buru untuk cepat sampai.
Sistem ini juga digunakan oleh pemda DKI untuk diterapkan pada
bajaj yang berbahan gas. Dengan menggunakan aplikasi yang sudah diunduh
sebelumnya kita bisa menikmati moda transportasi yang berbasis aplikasi android
ini. Dengan tujuan supaya masyarakat jakarta dapat beralih ke tranportasi masal
dengan cara meningkatkan pelayanan. "Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa
memesan bajaj tanpa terikat ruang dan waktu," ujar Kepala Dinas
Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah saat peluncuran aplikasi BajaiApp di
Pluit, Jakarta Utara.
berapa
lama transportasi berbasis android ini akan bertahan?, dengan teknologi yang
semakin berkembang pesat mengharuskan semuanya untuk berpikir kreatif supaya
selaras dengan perkembangan zaman.
5.
KESIMPULAN
Berdasrkan
hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teransportasi online terdapat beberapa point penting,
yaitu:
5.1 kelebihan transportasi online
5.1.1
transportasi ini
dinilai sangat efektif dan efesien karenapenumpang cukup download aplikasi di
telpon pintar untuk memesan transportasi yang akan mengantarkannya ke tempat
tujuan
5.1.2
dengan sistem online penumpang dimanjakan dengan
layanan ini karena pemakaiannya tidak berbelit-belit.
5.1.3
Tidak jarang
ttransportasi ini dapat mengurai kemacetan, dan dinilai relatif lebih murah.
5.2 kelemahan
transportasi online
5.2.1
beberapa transportasi
online dipertanyakan legalitasnya, seperti ojek online dan taxi uber karena tidak ada dalam UU No. 22 Tahun 2009
tentang lalu lintas dan angkutan jalan, ojek daan taxi uber bukan merupakan angkutan perkotaan di jalan-jalan
utama.
5.2.2
Lemahnya perlindungan
terhadap penumpang yang menggunakan pelayanan ini, karena Badan Perlindungan
Konsumen Nasional (BPKN) berencana untuk mengkaji lebih mendalam perlindungan
konsumen yang menggunakan jasa transportasi berbasis aplikasi atau sistem
elektronik.
6.
SARAN
Transportasi berbasis aplikasi android
merupakan kemajuan dalam pelayanan masyarakat yang tidak terlepas dari
perkembangan teknologi. Karena itu saya sarankan kepada semua yang terlibat
baik penyewa layanan jasa transportasi, penggunaan layanan, dan pemda DKI
melalui organda untuk sama-sama mengawasi, jangan sampai terjadi gesekan antara
layanan transportasi
online dengan transportasi
reguler dan pengkajian tentang perlindungan konsumen/pengguna segera
dipercepat, supaya konsumen terlindungi secara hukum jika terjadi tindak
kriminal.
DAFTAR PUSTAKA
zulvi, rehan. 2014. ”Transportasi berbasis aplikasi”.
(online) www.hukumonline.com/berita/baca/lt55d5410a3bbe8/transportasi-berbasis-aplikasi--inovasi-berujung-litigasi( 30 desember 2015).
zulvi, rehan. 2014. Legalitas Transportasi berbasis
aplikasi”. (online) http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt55d5410a3bbe8/transportasi-berbasis-aplikasi--inovasi-berujung-litigasi (30 desember
2015).
puspa, dewi. 2007. Transportasi bajaj”. (online) http://www.jakarta.go.id/web/encyclopedia/detail/99/Bajaj (30 desember 2015)
Pradana, bayu. 2010. “sejarah ojek”. (online) http://historia.id/kota/mengorek-sejarah-ojek
(30 desember 2015).
khusus masalah ini mah konsumen gak ada dirugikan koq mas Budi...
BalasHapus