Jumat, 15 Januari 2016

JURNAL PENGGUNAAN TRANPORTASI ONLINE DENGAN METODE APLIKASI TELPON PINTAR




JURNAL
PENGGUNAAN TRANPORTASI ONLINE DENGAN METODE APLIKASI TELPON PINTAR
  

oleh : Budi Hartono



KAJIAN TEORI
Sejarah transportasi dimulai sejak roda ditemukan sekitar 3500 tahun yang lalu, transportasi adalah perpindahan manusia atau barang  dari satu tempat ke tempat yang lain yang digerakan oleh manusia.
Sejarah bajaj diketahui berasal dari India. nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto. ada juga serial komedi lawak drama di TV yaitu bajaj bajuri, serial komedi yang bercerita tentang seorang sopir bajaj. baktanya juga, bajaj ini juga merupakan kendaraan yang diluncurkan dari bajaj auto yang mengeluarkan sepeda motor bajaj seperti Bajaj pulsar, dll. juga merupakan dari satu asal merek kendaraan India. bajaj beroda tiga, satu di depan dan dua di belakang, dengan bentuk kemudi mirip seperti kemudi sepeda motor daripada kemudi mobil. untuk di Jakarta, warna bajaj ada dua, yaitu biru dan oranye. di pintu depan bajaj, biasanya tertulis daerah operasi bajaj, yang biasanya terbatas pada satu kotamadya saja.
Kapasitas penumpang bajaj adalah dua orang, atau ditambah satu anak kecil, yang semuanya akan duduk di belakang sopir bajaj. Suara mesin 2 langkah bajaj sangatlah memekakkan telinga. namun, karena fisiknya yang relatif kecil, bajaj dapat diandalkan untuk menerobos kemacetan ibu kota.
Sejarah sepeda motor di indonesia pertama kali dimiliki oleh orang asal inggris bernama John C. Poter 1893 yang dipesan langsung dari jerman. Untuk sepeda motor pertama di dunia adalah dari jerman tahun 1885oleh gottlieb dan wilhelm namun belum diproduksi masal. Sepeda motor masuk pertama kali di amerika tahun 1895
Di Jakarta, ojek sepeda muncul pada 1970 di Pelabuhan Tanjung Priok. “Adanya larangan terhadap bemo, becak, dan lain-lain masuk ke Pelabuhan Priok menyebabkan orang-orang yang mempunyai sepeda mendapat kesempatan untuk menawarkan jasa-jasanya,” tulis Kompas, 12 September 1970.






1.      PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah
Penggunaan aplikasi dalam transportasi bajaj online merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan transportasi di jakarta, sama halnya dengan ojek online yang sudah ada lebih dahulu tranportasi bajaj menggunakan aplikasi yang dapat diunduh ditelpon pintar yang berbasisi android, ini memudahkan bagi penumpang yang ingin menggunakan bajaj online untuk mengantarkan ke tempaat tujuannya. Bukan tanpa masalah ini dapat mengundang kecemburuan bagi pengemudi bajaj yang tidak menggunakan sisitem online dalam mendapatkan penumpang, kalah persaingan disinyalir dapat menurunkan penghasilan mereka.
begitu juga ojek online kehadirannya mengusik pengendara ojek lain yang tidak menggunakan sistem aplikasi.
1.2  Rumusan masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang masalah, dapat diketahui permasalahnnya yaitu pergesekan antara moda transportasi yang bebasis aplikasi online dengan moda tranportasi reguler, lemahnya Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) terhadap pengguna moda transportasi yang berbasis aplikasi online, dan tidak masuknya ojek dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan Jalan, karena ojek bukan merupakan angkutan perkotaan di jalan-jalan utama.Perkembangan teknologi mengharuskan semua aspek dalam kehidupan berselaras dengan kemajuan zaman seperti halnya transportasi, sekarang banyak transportaasi yang mengkolaborasikannya dengan aplikasi yang ada dalam telpon pintar untuk meningkatkan pelayanan.







2.      BAHAN DAN METODE
Daerah perkotaan seperti jakarta banyak yang menwarkan jasa tranportasi online, selama beberapa hari terakhir di Hall A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. diramaikan dengan ribuan orang yang ingin mendaftar sebagai pengendara Go-Jek. fenomena ini menimbulkan pertanyaan baru khususnya hubungan kerja antar perusahaan dengan pengendara jasa transportasi berbasis aplikasi atau online tersebut dengan pengendara. selain Go-Jek, masih banyak lagi perusahaan penyedia transportasi lainnya yang mengandalkan teknologi canggih, seperti GrabBike, Uber Taxi, Easy Taxi maupun Grab Taxi.
            Di jurnal ini akan membhaasa tentang seberpa efektif transportasi online ini bagi warga jakarta dalam berpergian mengingat moda transportasi masal di jakarta sangat buruk. denggan menggunakan generalisasi tidak sempurna sebagai metode untuk mensurvai, dengan mengajukan pertanyaan kepada 50 warga jakarta tentang seberapa puas ketika menggunakan transportasi online. Acuan nilainya yaitu 1-3 (kurang memuaskan),  4-7 (memuaskan),  8-9 (sangat memuaskan) selain itu beberapa konflik terjadi antar penyewa jasa transportasi dengan dalih bahwa transportasi onine telah menyerobot penumpang transportasi reguler, hal ini menarik untuk diteliti dan dari segi hukum apakah transportaaasi online disahkan legalitasnya oleh organda pemda DKI jakarta.














3.      HASIL
Setelah dilakukan penelitian terhadap transportasi online yang ada di jkarta diperoleh hasil bahwa tigkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan ini adalah tinggi yaitu mencapai angka 8 (ssangat puas),. penulis menggunakan metode generalisasi tidak sempurna dengan mensurvei masyarakat jakarta, selain itu dari pemda DKI melalui orgaanda menyebutkan beberapa transportasi online dipertanyakan legalitasnya seperti ojek dan  taxi uber karena kendaraan ini tidak termasuk dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan Jalan, ojek daan taxi uber bukan  merupakan angkutan perkotaan di jalan-jalan utama.
















4.      PEMBAHASAN
Berkembangnya teknologi memudahkan kegiatan manusia dalam keseharian, telpon genggam bukan lagi menjadi barang mewah karena sudah menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi yang menandakan bahwa manusia adalah mahluk sosial
4.1  Pengertian transportassi
Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain, yang digerakan oleh manusia. transportasi digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia dalam kegiatan sehari-hari, di negara maju kebanyakan warganya menggunakan sarana transportasi umum beda halnya dengan yang ada di indonesia.
      Transportasi di bagi menjadi tiga, yaitu transportaasi darat, laut dan udara.
transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan cukup banyak uang untuk menggunakanya, selain karena memiliki  teknologi canggih transportasi darat juga lebih cepat dibandingkan dengan transportasi lainnya.
      Transportasi darat terdiri dari mobi, kereta, becak dan lain-lain, sedangkan transportasi laut berupa kapal laut dan kapal veri.
4.2  Sejarah transportasi
Transportasi dimulai sejak ditemukannya ban pada sekitar 3500 tahun lalu, penemuan roda ini sebagai cikal bakal transportasi modern seperti sekarang.
4.2.1        sejarah bajaj
Bajaj diketahui berasal dari India. nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto. ada juga serial komedi lawak drama di TV yaitu bajaj bajuri, serial komedi yang bercerita tentang seorang sopir bajaj. faktanya juga, bajaj ini juga merupakan kendaraan yang diluncurkan dari bajaj Auto yang mengeluarkan sepeda motor bajaj seperti bajaj pulsar, dll juga merupakan dari satu asal merek kendaraan India.
Bajaj memiliki roda tiga, satu di depan dan dua di belakang, dengan bentuk kemudi mirip seperti kemudi sepeda motor daripada kemudi mobil. untuk di Jakarta, warna bajaj ada dua, yaitu biru dan oranye. Di pintu depan bajaj, biasanya tertulis daerah operasi bajaj, yang biasanya terbatas pada satu kotamadya saja, kapasitas penumpang bajaj adalah dua orang.


4.2.2        sejarah sepeda motor
Sejarah sepeda motor di indonesia pertama kali dimiliki oleh orang asal inggris bernama John C. Poter 1893 yang dipesan langsung dari jerman. untuk sepeda motor pertama di dunia adalah dari jerman tahun 1885oleh gottlieb dan wilhelm namun belum diproduksi masal. Sepeda motor masuk pertama kali di amerika tahun 1895.
Di Jakarta, ojek sepeda muncul pada 1970 di Pelabuhan Tanjung Priok. “Adanya larangan terhadap bemo, becak, dan lain-lain masuk ke Pelabuhan Priok menyebabkan orang-orang yang mempunyai sepeda mendapat kesempatan untuk menawarkan jasa-jasanya,” tulis Kompas, 12 September 1970.

4.3  Penggunaan tranportasi online
Dulu pemerintah membatasi kendaraan becak yang beroperasi, hanya pada jalan-jalan tertentu saja mereka boleh beroperasi sedangkan di jalan utama ibu kota becak dilarang keras karena dinilai lamban dan menjadi biang kemacetan, setelah kebijakan itu diterapkan oleh pemerintah, jakarta masih tetap macet. banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi dan sedikitnya yang menggunakan transportasi angkutan umum menyebabkan daya tampung jalan raya tak sebanding dengan volume kendaraan yang setiap tahun selalu meningkat sedangkan pelebaran jalan selalu tetap, hal ini yang tidak disadari masyarakat dan akibatnya jalanan ibu kota seakan mengalami kemacetan abadi yang belum terurai sampai sekarang.
Masyarakat indonesia khususnya di kota-kota besar sudah bosan dengan kemacetan yang ada, mereka butuh pelayanan yang memadai dari transportasi masal yang disediakan pemerintah. Seperti jakarta, bus-way yang sudah beroperasi sejak tahun 2007 yang dieluh-eluhkan akan berhasil mengatasi kemacetan ternyata tidak dapat berkontribusi banyak mengurai kemacetan
armada bus yang mudah rusak menaambah catatan kelam bagi bus-way.
kendaraan bajaj yang dulu dituding sebagai penyumbang polusi dan bising dengan mesin 4 taknya kini telah bermetamorfosis menjadi bajaj bermesin 2 tak dan berbahan bakar gas sehingga polusi yang dihasilkan minim, tidak bising dan tidak bergear-getar saat dioperasikan kini menjadi bintang baru dijalan, dengan tarif yang murah dan dapat di pesan dengan cara online lewat aplikasi yang ada di telpon pintar setelah pemda DKI melalui organda meluncurkan bajaj online pada pertengahan tahun 2015.
      Senada dengan bajaj online, ojek online kini menjadi primadona baru bagi para penumpang yang ingin segera sampai pada tempat tujuan, ojek online sudah beroperasi pada tahun 2014. namun masih dipertanyakan lagalitasnya sebagai moda transportasi angkutan umum, karena menurut dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, karena ojek bukan merupakan angkutan perkotaan di jalan-jalan utama.  “Kata (Koordinator Komisi Edukasi dan Komunikasi BPKN, David M.L. Tobing)”.
4.4  Metode aplikasi telpon pintar
Berkembangnya teknologi memudahkan kegiatan manusia dalam keseharian, telpon genggam bukan lagi menjadi barang mewah karena sudah menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi yang menandakan bahwa manusia adalah mahluk sosial, perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang unggul dengan kelebihan dalam mengakses inernet dengan cepat menggunakan 4G. karena kebutuhan internet  yang sangat tinggi maka sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia dan ini yang dimanfaatkan oleh beberpa orang untuk berwirausaha di dunia maya, termasuk beberpa perusahaan yang bergerak di bidang jasa mereka menawarkan ojek online hanya dengan mengunduh aplikasi lewat telpon pintar dan kita bisa menggunakan layanan ini, sangat efektif untuk melwan kemacetan dan untuk kita yang buru-buru untuk cepat sampai.
      Sistem ini juga digunakan oleh pemda DKI untuk diterapkan pada bajaj yang berbahan gas. Dengan menggunakan aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya kita bisa menikmati moda transportasi yang berbasis aplikasi android ini. Dengan tujuan supaya masyarakat jakarta dapat beralih ke tranportasi masal dengan cara meningkatkan pelayanan. "Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa memesan bajaj tanpa terikat ruang dan waktu," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah saat peluncuran aplikasi BajaiApp di Pluit, Jakarta Utara.
berapa lama transportasi berbasis android ini akan bertahan?, dengan teknologi yang semakin berkembang pesat mengharuskan semuanya untuk berpikir kreatif supaya selaras dengan perkembangan zaman.      


5.      KESIMPULAN
Berdasrkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teransportasi online terdapat beberapa point penting, yaitu:
5.1 kelebihan transportasi online
5.1.1        transportasi ini dinilai sangat efektif dan efesien karenapenumpang cukup download aplikasi di telpon pintar untuk memesan transportasi yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan
5.1.2        dengan sistem online penumpang dimanjakan dengan layanan ini karena pemakaiannya tidak berbelit-belit.
5.1.3        Tidak jarang ttransportasi ini dapat mengurai kemacetan, dan dinilai relatif lebih murah.
5.2  kelemahan transportasi online
5.2.1        beberapa transportasi online dipertanyakan legalitasnya, seperti ojek online dan taxi uber karena tidak ada dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, ojek daan taxi uber bukan  merupakan angkutan perkotaan di jalan-jalan utama.
5.2.2        Lemahnya perlindungan terhadap penumpang yang menggunakan pelayanan ini, karena Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) berencana untuk mengkaji lebih mendalam perlindungan konsumen yang menggunakan jasa transportasi berbasis aplikasi atau sistem elektronik.









6.      SARAN
Transportasi berbasis aplikasi android merupakan kemajuan dalam pelayanan masyarakat yang tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Karena itu saya sarankan kepada semua yang terlibat baik penyewa layanan jasa transportasi, penggunaan layanan, dan pemda DKI melalui organda untuk sama-sama mengawasi, jangan sampai terjadi gesekan antara layanan transportasi online dengan transportasi reguler dan pengkajian tentang perlindungan konsumen/pengguna segera dipercepat, supaya konsumen terlindungi secara hukum jika terjadi tindak kriminal.

























DAFTAR PUSTAKA
zulvi, rehan. 2014. ”Transportasi berbasis aplikasi”. (online) www.hukumonline.com/berita/baca/lt55d5410a3bbe8/transportasi-berbasis-aplikasi--inovasi-berujung-litigasi( 30 desember 2015).
zulvi, rehan. 2014. Legalitas Transportasi berbasis aplikasi”. (online) http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt55d5410a3bbe8/transportasi-berbasis-aplikasi--inovasi-berujung-litigasi  (30 desember 2015).
puspa, dewi. 2007. Transportasi bajaj”. (online) http://www.jakarta.go.id/web/encyclopedia/detail/99/Bajaj (30 desember 2015)
Pradana, bayu. 2010. “sejarah ojek”. (online) http://historia.id/kota/mengorek-sejarah-ojek (30 desember 2015).


1 komentar:

  1. khusus masalah ini mah konsumen gak ada dirugikan koq mas Budi...

    BalasHapus