Jumat, 15 Januari 2016

JURNAL HIJAB MENJADI TREND FASHION MODERN




JURNAL
HIJAB MENJADI TREND FASHION MODERN
  

oleh : Dini Hapsari


 
ABSTRAK
Jurnal ini bertujuan untuk memberi informasi tentang pengetahuan hijab. Hijab menjadi trend fashion yang kini marak digunakan sebagian umat muslimah di dunia. Untuk itu pada jurnal ini akan membahas pengertian hijab, sejarah hijab, manfaat menggunakan  hijab. Jurnal ini membahas pengetahuan tentang hijab yang kian kali disalah artikan, adapun hal-hal tersebut seperti mengenai apa itu hijab. Seringkali di era modern seperti sekarang ini hijab menjadi trend fashion yang justru jauh dari hakikat hijab itu sendiri. Indonesia adalah sebagian penduduknya menganut agama islam, para muslimahnya mulai banyak yang menggunakan hijab, namun di sayangkan dalam pengguaan hijab yang sesungguhnya diartikan sebagai penutup aurat kini dianggap sebagai pakaian sehari-hari yang terkadang dalam pemakaiannya sering di sandingkan dengan pakaian ketat yang menonjolkan lekak-lekuk tubuh mereka, seperti halnya istilah jilbob. Dengan adanya hal tersebut maka hijab mulai banyak perkembangan dengan variasi yang bermacam-macam seperti misalnya hijab syari adapun hijab atau krudung segi empat, prasmina dan lain sebagainya.


A.    PENDAHULUAN
Hijab merupakan tata cara atau aturan berpakaian muslimah. Masa seperti sekarang ini hijab memiliki inovasi yang mulai beraneka ragam. Hijab dari masa ke masa seperti halnya pakain zaman dahulu hingga sekarang mulai bermacam-macam. Bahkan dari perkembangannya hijab mulai memberikan dampak baik itu positif atau negatif. Positifnya hijab kini mulai banyak yang menggunakan, khususnya umat muslimah. Namun ada dampak buruknya seperti halnya mereka menggunakan hijab hanya dikarenakan menjadi trend fashion yang jauh dari hakikat hijab itu sendiri.


B.     KAJIAN PUSTAKA
Hijab adalah penghalang atau kerudung yang digunakan oleh wanita muslim yang biasa disebut juga dengan Jilbab Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama. Jadi kaum wanita yang tak memakainya, mereka telah mengingkari hukum syariat Islam. Perintah berjilbab berdasarkan Al Quran; kerudung menutupi rambut hingga pinggang, dan tidak boleh menunjukan lekuk tubuh. Hanya tangan dan wajah yang boleh tidak tertutup.
Al Qur'an surat Al-Ahzab :59 Allah Berfirman Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Al Qur'an surat An-Nur ayat 31 Allah Berfirman “...dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya... “. Al Qur'an surat  Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 5 baris terakhir Allah Berfirman “….. Barang siapa yang mengingkari hukum-hukum syariat Islam sesudah beriman, maka hapuslah pahala amalnya bahkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi”. Rasulullah bersabda, "Tidak diterima sholat wanita dewasa kecuali yang memakai khimar (jilbab)." (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, bn Majah).
Hijab jelas dari hadist serta firman Allah yang memberikan perintah bahwa hijab adalah pakaian yang menutup aurat. . Jadi kaum wanita yang tak memakainya, mereka telah mengingkari hukum syariat Islam. Perintah berjilbab berdasarkan Al Quran; kerudung menutupi rambut hingga pinggang, dan tidak boleh menunjukan lekuk tubuh. Hanya tangan dan wajah yang boleh tidak tertutup.


C.    ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Sesungguhnya banyak kaum wanita yang hapus pahala shalatnya yang hidup di zaman ini dan di zaman yang akan datang, semata-mata karena mereka tidak memakai jilbab didalam hidup mereka, telah diisyaratkan Nabi Muhammad SAW dikala hidup beliau sebagaimana bunyi hadis dibawah ini yang artinya sebagai berikut: “Ada satu masa yang paling aku takuti, dimana ummatku banyak yang mendirikan shalat, tetapi sebenarnya mereka bukan mendirikan shalat dan jahanamlah mereka yang meninggalkannya.”.
Sebagian Besar Wanita akan menghadapi godaan besar sebelum berhijab seperti godaan untuk membatalkan berhijab, terpengaruh oleh teman lain, Lebih Suka memadukan trend baju dengan gaya hijab, atau yang lainnya. Untuk berhijab, keinginan yang kuat dan percaya diri adalah kunci utama. Dengan memiliki kunci tersebut jelas kita dapat menjaga diri dari pengaruh lain. Bagi wanita yang berani untuk tampil sopan dengan berhijab adalah pilihan yang tepat. Dengan berhijab, kita dapat menutupi aurat, InsyaAllah akan terhindar dari perbuatan-perbuatan jahat yang akan dilakukan oleh orang lain.
Dikisahkan oleh Aisha: Istri2 nabi biasa pergi ke Al-Manasi, sebuah lapangan terbuka (dekat Baqia di Medina) untuk buang hajat di malam hari. Umar meminta nabi, “Suruh istri-istrimu mengenakan kerudung.” Tapi rasulullah tidak melakukan itu. Suatu malam saat Isha, Sauda binti Zama, istri nabi keluar untuk buang hajat, dia adalah wanita yang tinggi. Umar melihatnya dan berkata; “Aku tau itu kamu, wahai Sauda!”. Dia ('Umar) berkata begitu karena dia ingin ada perintah illahi tentang pemakaian Al-Hijab (jilbab bagi wanita). Maka Allah menurunkan ayat pengerudungan. (Al-Hijab; seluruh tubuh ditutupi termasuk mata).
Manfaat menggunakan jilbab selain dekat dengan Allah juga akan dekat dengan batin yang bersih. Berhijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah di dunia, karena berhijab merupakan salah satu dari sunnah Rasullullah SAW. dan merupakan syariat agama yang harus dilaksanakan.

Di era sekarang ini, semakin banyak para wanita menggunakan jilbab tanpa tahu manfaat menggunakan jilbab itu sendiri. Kebanyakan dari mereka hanya tahu bahwa memang di anjurkan untuk wanita menggunakan jilbab guna menutupi auratnya dan menjauhi segala maksiat.

1.      Menaati Perintah Agama
Berjilbab merupakan salah satu sunnah Rasullullah SAW dalam ajaran islam, artinya ketika menggunakan jilbab kita telah melakukan salah satu sunnah Rasullullah dan mendekatkan diri kepadaNYA.
2.       Terhindari dari godaan untuk centil dan tidak sopan
Dengan berjilbab wanita muslimah akan berpikir 100x untuk bersifat centil atau tidak sopan karena beban moral yang ia emban. Bagi muslimah yang serius dalam menggunakan jilbab, bisa dipastikan perbuatan ini semaksimal mungkin dihindari.
3.       Laki laki akan merasa segan mengganggu/mengoda anda
Percaya atau tidak ini adalah manfaat menggunakan jilbab yang tidak disadari, namun survei telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perembuan yang menggunakan jilbab.
4.      Menutupi Aurat
Sudah tentu ini adalah manfaat dasar yang akan diperoleh seorang perempuan yang menggunakan jilbab dalam kesehariannya. Dengan menggunakan jilbab anda akan menutupi seluruh aurat yang tidak diperbolehkan dilihat orang lain kecuali suami. Contohnya adalah kekukan dada dan paha.
5.      Mencegah sengatan sinar matahari
Sinar matahari yang terik akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala yang mungkin berdampak serius bagi anda. Dengan menggunakan jilbab maka anda akan terlindungi dari masalah tersebut yang artinya tidak perlu menggunakan penutup kepala tambahan lagi
 
D.    SIMPULAN
Kesimpulannya jelas dari hadist serta firman Allah yang memberikan perintah bahwa hijab adalah pakaian yang menutup aurat.
    Pemahaman tentang menggunakan hijab adalah untuk menutupi aurat yang sekarang disalah artikan dengan menjadi trend fashion tanpa paham menutup aurat, harus diluruskan. Adanya trend fashion hijab memang dapat diuntungkan dari sisi positifnya yaitu mengajak para muslimah yang dulu enggan menggunakan hijab kini jadi berminat menggunakannya.
    Sisi negative dengan adanya trend fashion hijab menjadikan lupa pada hakikat hijab tersebut. Hijab sering digunakan dengan pakain tipis yang tembus pandang,  kemudian dengan pakain ketat dan tidak jarang lekuk tubuh mereka terlihat, aurat mereka tampak. Lalu dimana hakikat hijab itu sendiri?.


E.     SARAN
Saran yang baik, kita sebagai muslimah boleh saja menjadikan hijab sebagai trend fashion, namun tidak hilang dari hakikat hijab itu sendiri. Terus menjunjung tinggi sariat islam, tidak hanya segi luar saja  kita lindungi dengan hijab namun kita juga perlu menjaga hati kita dengan terus beriman kepada Allah SWT.


DAFTAR PUSTAKA


Forum murtadin Indonesia. 2009. http://www.mantanmuslim.com/2009/01/asal-muasal-jilbab.html. Diakses  5 Januari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar