Jumat, 15 Januari 2016

Mengenal Tari Topeng Indramayu Dengan Ciri Khasnya




Mengenal Tari Topeng Indramayu Dengan Ciri Khasnya


oleh : Ulfah Yulfiatna


ABSTAK

            Tari topeng Indramayu berasal dari tradisi dilingkungan Istana Kecirebonan sebagai acara kerajaan, misalnya acara penyambutan tamu raja. Lama kelamaan tari ini diminati oleh masyarakat di luar keraton sampai menyebar ketanah indramayu.
            Tari istana lantas brubah fungsi menjadi tari rakyat. Sekalipun antara Keraton Cirebon dan tradisi Indramayu bertopeng sama, bentuk dan tokohnya berbeda. Bila tari topeng Cirebon berisi gerak Tari Topeng anji, samba, tumenggung dan kelana, pada Tari Topeng yang dikembankan di Indramayu ini ada gerak lain, diantaranya ada samba merah, samba udeng, dan rumyang.
            Setiap kesenian pasti mempunya perbedaan masing-masing antara kesenian yang satu dengan kesenian yang lainya, namun untuk membedakan mengenali ciri kesenian tari topeng Indramayu masyarakat tidak banyak yang tahu seperti apa ciri yang terlihat pada kesenian itu?, untuk itu sebaiknya pihak budayawan, seniman ataupun remaja/masyarakan yang mempunyai keahlian dan pengetahuan tentang senitari mengadakan sosialisasi kepada masyarakat supaya masyarakat mengenal lebih dekat lagi seni tari itu, dan bisa saja melalui sosialisasi itu menjadi kegiatan yang sekaligus menarik minat masyarakat untuk belajar dan ikut melestarikan kesenian Tari Topeng Indramayu.
           


KATA PENGANTAR

  Alhamdulillah puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas segala limpahan rahmat-Nya, usaha, kerja keras, dan bantuan dari berbagai pihak saya dapat menyusun jurnal ini dengan tepat waktu. SholawatsertasalamsayalimpahkankepadajunjunganNabi Muhammad SAW, besertakeluarganya, sahabatnya, danseluruhumatnyasampaiakhir zaman.
Jurnal inimembahastentang Mengenal Tari Topeng Indramayu Dengan Ciri Khasnya. DalampenyusunanJurnalini, sayabanyakmendapatkanbimbingan, bantuan, dandorongandariberbagaipihak.
Olehkarenaitusayamengucapkanterimakasihkepadasemuapihak yang telahmembantudalammenyelesaikanJurnal yang sayabuat.TerutamaucapanterimakasihditujukankepadadosenmatakuliahEni Tarsinih,.M.Pd
AdapunisidariJurnalinijauhdarisempurnakarenaketerbatasankemampuansaya, baikkemampuanmengolah dataataupunkemampuanpersepsi. Sehingga harap dimaklumi apabila isiJurnalini banyak kekurangan, kritik dan saran sangat saya harapkan.

Indramayu,Desember 2015

penulis










DAFTAR ISI

ABSTRAK
KATA PENGANTAR
BAB PENDAHULUAN..............................................................................................
1.      Latar Belakang Masalah.................................................................................
2.      Rumusan Masalah............................................................................................
3.      Tujuan Masalah...............................................................................................
BAB ANALISI..............................................................................................................       
BAB SIMPULAN DAN SARAN.................................................................................

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................................
LAMPIRAN..................................................................................................................




















BAB PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah

            Indramayu mempunyai banyak kesenian yang mempunyai nilai estetika tinggi salah satunya adalah Tari Topeng, tidak hanya di Indramayu kita bisa melihat tari topeng di daerah-daerah lainya juga ada tari topeng misalnya; Cirebon, Losari, Surabaya, dan lain-lain. Untuk itu kita harus tau bagaimana dan seperti apa hal yang membedakan antara tari topeng Indramayu dengan tari topeng dari daerah lain.
            Kebanyakan orang ‘awam’ tidak menyadari bahwa antara tari topeng Indramayu dengan daerah lain itu berbeda, hanya orang-orang yang kritis yang memiliki pengetahuan tentang membedakan tari topeng tersebut. Bahkan di Indramayu terdapat banyak sanggar tari topeng yang membuat tari topeng setiap sanggarnya mempunyai ciri dan gaya masing-masing. Ketika seorang ibu ingin memasukan anaknya untuk belajar kesenian tari topeng hal itu kerap dijadikan ‘kontroversi’ di masyarakat, masing-masing sanggar mengunggulkan prestasi-prestasi yang telah dicapai ada pula masyarakat yang memutuskan memasukan anaknya kesalah satu sanggar karena anggar itu di miliki oleh pemerintah/di akui pemerinta, sanggar itu sudah sering tampil di kota-kota bahkan sampai keluar negri, dan lain-lain.
            Sejatinya ketika kita memutuskan untuk mendalami suatu keterampilan khususnya menari dan tujuannya untuk melestarikan kesenian tersebut kita tidak hanya harus belajar pada satu guru saja namun kepada guru-guru yang lain sehingga wawasan dan kemampuan kita menjadi luas.

2.      Rumusan Masalah
a.       Seperti apa tari topeng Indramayu?
b.      Apa yang membedakan tari topeng indramayu dengan tari topeng dari daerah Cirebon?
3.      Tujuan Pembahasan
a.       Mengenal tari topeng Indramayu.
b.      Dapat membedakan tari topeng Indramayu dengan tari topeng Cirebon.

BAB ANALISIS



a.       Seperti apa tari topeng Indramayu
            Tari Topeng adalah salah satu kesenian tari yang penarinya menggunakan topeng dan terdapat banyak jenis topeng dengan gerakan dan sifat yang berbeda-beda begitu pun di Indramayu terdapat banyak tokoh-tokoh dalam tari topeng diantaranya:
1.      topeng Klana
2.      topeng Tumenggung
3.      topeng Panji
4.      topeng Samba
            Pada setiap jenis topeng tersebut mempunyai karakter yang berbeda dan ciri khas yang berbeda, sehingga itu menjadi ciri unik tersendiri untuk kesenian tari topeng ini. Namun tidak semua sanggar tari topeng  di Indramayu menggunakan nama-nama topeng tersebut ada pula yang menamainya dengan nama lain. Dan antar sanggar juga mempunyai ciri khas masing-masing mulai dari; musik, bentuk topeng, aksesoris (pakaian) yang digunakan, gerakannya, dan lain-lain. Namun dikalangan masyarakat menilai kualitas seseorang menari itu dengan melihat kelenturan ‘lemes’, penilaian tersebut salah karena kelenturan lenggak-lenggok penari itu harus sesuai dengan tokoh topeng yang dibawakannya, misalnya tari topeng Klana topeng ini mempunyai sifat yang menggambarkan seorang raja yang serakah dan tamak, dan penuh kemurkaan sehingga gerakanya juga tidak boleh lemes melainkan harus gagah, kokoh dan harus menggambarkan apa yang ditokohkan pada topeng tersebut, berbeda dengan topeng samba penari harus mempunyai gerak yang lentur karena topeng tersebut menggambarkan seorang gadis remaja yang ganjen, dan gerakannya juga ‘lemes’ gerak tangannya.
b.      Apa yang membedakan tari topeng indramayu dengan tari topeng dari daerah Cirebon?
      Banyak hal yang menjadi pembeda antara tari topeng Indramayu dengan tari topeng Cirebon dan itu menjadi ciri khas dari daerah masing-masing. Sebenarnya keberadaan tari topeng di daerah Indramayu terjadi karena penyebaran pengamen/seniman topeng dari Cirebon ke Indramayu, jadi bibit tari topeng Indramayu itu dari Cirebon. Tetapi sang maestro tari topeng yang bernama mimi Rasinah memberikan ciri khas terhadap tari topeng itu dengan gayanya sendiri, dan perbedaan yang spesifik yapat dilihat dari kai. batik yang dipakai, indramayu punya batik paoman dan itu dijadikan salah satu aksesoris oleh mimi Rasinah. Dan perbedaan yang lainya juga bisa dilihat dari bentuk topengnya, mulai dari ukirannya, dan warnanya, sampai penamaan pada topeng tersebut.





     
BAB SIMPULAN DAN SARAN

           
            Jadi apapun kesenian yang ada tiap daerah itu pasti berbeda-beda dan itu menjadi khas dan keunikan tersendiri untuk daerah tersebut, dan perbedaan itu yang menjadikan Bangsa Indonesia kaya akan budaya yang indah yang penuh nilai estetika. Sudah sepantasnya masyarakat tidak hanya menjadi penontoh atau penikmat dari kesenian Tari Topeng ini, melainkan juga harus ikut melestarikanya, dimulai dari langkah awal dengan mempunyai pengetahuan bagaimana pembeda tari topeng itu, seperti apa sejarah yang terjadi pada perkembangan tari topeng di Indramayu, hingga terjun langsung mempelajari bagaimana Tari topeng itu.
            Sebaiknya budayawan/seniman mengadakan Sosialisasi supaya masyarakan awam mengerti dan tidak terjadi kekeliruan untuk menafsirkan sebuah kebudayaan/kesenian. Jadi masyarakat tidak hanya menikmati tariannya sebagai hiburan saja tetapi juga mendapatkan pengetahuan.



















DAFTAR PUSTAKA


Wikipedia bahas Indonesia. 2010. TARI TOPENG INDRAMAYU DAN CIREBON.










































LAMPIRAN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar