Jumat, 15 Januari 2016

MENGENAL MUSIK DAN SEGALA MANFAATNYA





MENGENAL MUSIK DAN SEGALA MANFAATNYA
  
oleh : Nazhrotun Nadhiroh


ABSTRAK

Musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara.dan tanpa kita sadari suara-suara ini memiliki peran dalam membentuk pribadi kita. Sepertihalnya musik mampu mengendalikan emosi dan perasaan seseorang. para ilmuan telahmeneliti bahwa sebagian musik dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan emosional kita, bahkan musik juga bisa digunakan sebagai media pengobatan terapi. Namun, musik jugamemiliki dampak yang negatif. yang sebaiknya kita lakukan yaitu memaksimalkan dampak  positif musik terhadap psikologi kita daripada dampak negatifnya.
Kata Kunci:
musik,psikologi,mental,kognitif,emosi,intelektual,kecerdasan,kreatif,seni,terapi.

A.                Pendahuluan
Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Dengan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, mereka membuat pemburuan yang lebih terancang sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak ini, mereka bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan mencapai imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara mereka. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan nama panggilan untuk sesorang.
Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.
Manusia menyatakan perasaan takut mereka dan gembira menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara mereka menjadi lagu, hymne atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja mereka telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi kuat. Kulit binatang yang mereka gunakan sebagai pakaian diletakkan pula untuk menutup rongga kayu tersebut besar menjadi gendang.

B.                 Kajian Pustaka
Pengertian musik menurut Banoe (2003: 288), musik yang berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu, beliau juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara kedalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.
Pengertian music menurut Jamalus (1988: 1), musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok music yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.
Pengertian music menurut Sylado (1983: 12) mengatakan, bahwa musik adalah waktu yang memang untuk didengar. Musik merupakan wujud waktu yang hidup, yang merupakan kumpulan ilusi dan alunan suara. Alunan musik yang berisi rangkaian nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati para pendengarnya.
Dari pendapat tersebut, dapat dikatakan bahwa pengertian musik adalah segala sesuatu yang ada hubungan dengan bunyi dan memiliki unsur-unsur irama, melodi dan harmoni yang mewujudkan sesuatu yang indah dan dapat dinikmati melalui indra pendengar.
Dari pengertian musik menurut para ahli dapat ditarik kesimpulan bahwa musik merupakan seni yang timbul dari perasaan atau pikiran manusia sebagai pengungkapan ekspresi diri, yang diolah dalam suatu nada-nada atau suara-suara yang harmonis. Jika musik diartikan sebagai ungkapan sederhana dari suasana hati jiwa atau respon harafiah terhadap peristiwa dari diri pribadi komponis, diperlukan informasi ataupun referensi yang cukup agar kita dapat menarik hubungan langsung antara kehidupan dengan karyanya.

Pengelompokan secara aliran atau gaya
Secara umum, musik dikelompokkan menurut kegunaannya, yang dapat dikelompokkan dalam tiga ranah besar, yaitu Musik Seni, Musik Populer, dan Musik Tradisional.

Musik seni (art Music)
Musik Seni atau sering disebut juga Musik Serius dan musik-musik sejenis (musik avant garde, kontemporer)adalah sebuah istilah pengelompokan jenis musik yang mengacu pada teori bentuk musik Klasik Eropa atau jenis-jenis musik etnik lainnya yang di serap atau diambil sebagai dasar komposisinya. Berbeda dengan musik Populer atau musik masa, musik jenis ini biasanya tidak lekang dimakan waktu, sehingga bertahan berabad-abad lamanya. Tokoh-tokoh komponis Indonesia yang menciptakan jenis musik seperti ini antara lain: Amir Pasaribu, Tri Suci Kamal, Slamet Abdul Syukur, Rahayu Supanggah, Otto Sidharta, Tony Prabowo, Michael Asmara, I Wayan Sadre, Iwan Gunawan, Dody Satya E. Gustdiman dan sebagainya

Musik populer
Musik populer merupakan jenis-jenis musik yang saat ini digemari oleh masyarakat awam.Musik jenis ini merupakan musik yang sesuai dengan keadaan zaman saat ini, sehingga sesuai di telinga kebanyakan orang.Genre musik ini dapat ditemui di hampir seluruh belahan dunia oleh karena sifat musiknya yang hampir bisa diterima semua orang. Yang termasuk dalam jenis musik populer yakni diantaranya : Jazz, Gospel, Blues, Rhythm and blues, Funk, Rock, Metal/hardcore, Electronic, Ska/Reggae/Dub, Hip hop / Rap / Rapcore, Pop

Musik tradisional
Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada juga dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja.Musik tradisional merupakan perbendaharaan seni lokal di masyarakat.Musik tradisional yang ada di Indonesia, diantaranya adalah gamelan ,angklung dan sasando. selain dari musik tradisional yang berasal dari kebudayaan lokal, juga terdapat musik tradisional yang berasal dari pengaruh kebudayaan luar diantaranya gambang kromong, marawis dan keroncong.

C.                Analisis dan Pembahasan
Musik bisa menjadi kekuatan positif bagi kesehatan mental, menenangkan, santai danmenjadi stimulan bagi pengembangan intelektual dan kognitif. Hal ini berlaku untuk orangdewasa, remaja, dan anak-anak. Musik dapat mempengaruhi emosi kita, musik dapat membuat“saluran” dalam pikiran kita, pola berpikir. Musik dapat menyampaikan gagasan dan ideologi,secara kuat dan emosional dalam menyampaikan cara hidup.

Beberapa manfaat musik
1.                  Mengungkapkan emosi
Musik berfungsi untuk meluapkan emosi baik oleh penulis lagu maupun para penikmat musik. Itulah mengapa saat ini ada berbagai macam suasana dalam musik. Ada musik yang memiliki suasana ceria, hangat, sepi, sedih, seram, menegangkan, menyayat, dan lain-lain.



2.                  Sebagai sarana hiburan
Fungsi awal dari musik adalah sebagai media penghibur. Musik yang dimainkan secara bersama-sama akan menghasilkan suara yang ramai dan menghibur. Saat ini banyak sekali digelar konser musik dan selalu didatangi oleh banyak orang. Itu merupakan pertanda bahwa orang-orang masih membutuhkan hiburan dari musik.
3.                  Sebagai salah satu ritual
Di masa lalu dan bahkan di masa kini, upacara atau ritual keagamaan selalu diisi musik. Tujuannya adalah supaya semua orang dapat menjalaninya secara lebih khidmat. Salah satu agama yang sering mempergunakan musik di setiap upacara adalah agama Hindu di Bali. Disana dari upacara menyambut kelahiran, pernikahan, hari raya, dan bahkan kematian selalu diiringi oleh musik gamelan khas Bali.
4.                  Sebagai sarana bisnis
Saat ini industri musik adalah salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan. Banyak orang terlibat dalam industri musik. Apalagi jika penyanyinya adalah artis papan atas. Mungkin saat ini penjualan album musik selalu rendah karena maraknya pembajakan. Namun industri ini tetap untung dari penjualanmerchandise, tiket konser, dan sponsor.
5.                  Untuk menenangkan jiwa
Musik juga digunakan sebagai salah satu sarana relaksasi dan penenangan jiwa. Salah satu yang populer adalah Kitaro dan Kenny G. Alunan musik mereka sangatlah merdu dan menenangkan. Lagu ini cocok dimainkan saat melakukan meditasi atau beryoga.
6.                  Sebagai sarana komunikasi
Di masa lalu, musik menjadi salah satu sarana komunikasi jarak menengah. Misalnya jika suatu upacara telah dimulai maka akan dibunyikan musik khusus untuk mengundang para undangan dan sebagai isyarat bahwa upacara telah dimulai.
7.                  Untuk menyambut tamu
Setiap event yang cukup besar pasti punya sebuah musik yang berfungsi sebagai menyambut tamu. Apalagi jika tamu itu adalah orang penting seperti Presiden. Musik untuk menyambut tamu juga digunakan untuk menyambut para pemain sepakbola yang hendak masuk ke lapangan.
8.                  Untuk meningkatkan kecerdasan
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan pemainnya. Bayi yang selalu mendengarkan musik klasik juga dapat meningkat kecerdasannya.
9.                  Mengiring tarian
Setiap tarian selalu diiringi dengan musik. Musik selalu selaras dengan gerakan tarian. Bahkan ada musik yang dapat mempengaruhi penontonnya untuk ikut menari juga.
10.              Sebagai pengiring pertunjukan
Pentas drama dan film selalu diiringi musik yang disesuaikan dengan suasana adegannya. Tujuannya adalah supaya menambah pengalaman penonton dalam menikmati film dan membantu penonton untuk memahami suasana dalam adegan tersebut.
11.              Untuk melambangkan sesuatu
Tempo musik dapat melambangkan sesuatu. Misalnya jika temponya lambat, maka itu melambangkan kesedihan. Musik juga dapat menjadi lambang suatu negara atau daerah. Misalnya lagu Indonesia Raya yang merupakan perlambangan dari negara Indonesia.
12.              Sebagai pengiring kegiatan olahraga
Kegiatan olahraga terutama senam dan jogging terasa lebih menyenangkan ketika sambil mendengarkan musik. Musik juga dapat mengiringi gerakan dalam senam. Jika tempo musik cepat, maka dengan sendirinya gerakan kita akan semakin cepat.
13.              Sebagai sarana pendidikan
Suatu pelajaran akan lebih mudah dipahami jika dijadikan musik atau diiringi musik. Musik juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.


14.              Meramaikan suasana
Ketika sendiri, menghidupkan musik akan membuat suasana menjadi lebih ramai. Sehingga kita tidak merasa ketakutan lagi. Suasana dalam perjalanan juga akan terasa lebih ramai jika diiringi dengan musik.
15.              Sebagai ciri khas kebudayaan setempat
Setiap negara di dunia dan bahkan setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sebuah musik tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya. Ketika orang-orang mendengar musik tersebut, mereka pasti langsung mengingat daerah dimana musik tersebut berasal.

D.                Simpulan dan Saran
Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu.musik merupakan seni yang timbul dari perasaan atau pikiran manusia sebagai pengungkapan ekspresi diri, yang diolah dalam suatu nada-nada atau suara-suara yang harmonis.Secara umum, musik dikelompokkan menurut kegunaannya, yang dapat dikelompokkan dalam tiga ranah besar, yaitu Musik Seni, Musik Populer, dan Musik Tradisional.Musik bisa menjadi kekuatan positif bagi kesehatan mental, menenangkan, santai danmenjadi stimulan bagi pengembangan intelektual dan kognitif. Musik dapat memengaruhi emosi kita, musik dapat membuat“saluran” dalam pikiran kita. Musik dapat menyampaikan gagasan dan ideologi,secara kuat dan emosional dalam menyampaikan cara hidup.

E.                 Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar