Jumat, 15 Januari 2016

SEPATU CONVERSE BERBAHAN KANVAS UNTUK SEPATU LUKIS



SEPATU CONVERSE BERBAHAN KANVAS UNTUK SEPATU LUKIS

oleh : Mulkiyah Pratiwi
Abstrak

Sepatu merupakan kebutuhan sandang yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari.Sepatu converse adalah merk sepatu populer saat ini,yang di sukai banyak remaja dan orang-orang muda sekaligus menjadi favorit mereka. Sepatu Converse mungkin yang tertua, paling dicari, dan terlaris sepanjang masa.Telah di ungkapkan bahwa Amerika sedikitnya 50% dari penduduknya memiliki setidaknnya sepasang sepatu converse. Converse adalah perusahaan sepatu yang berbasis di Amerika yang telah dikenal keahliaanya dalam pembuatan pakaian olah raga dan juga sepatu gaya hidup. Bahkan di Indonesia para pengusaha sepatu baik offline maupun offline sudah banyak yang jual sepatu converse. Produk utamanya dari converse fokus pada pada produksi barang olahraga dan juga barang-barang lainnya. Sepatu converse merupakan sepatu yang salah satu jenisnya ada yang bagian penutupnya terbuat dari bahan kanvas yang dengan mudah bisa untuk dilukis dan cat yang diaplikasikan bisa menyerap sehingga cat bisa tahan lebih lama. Disamping itu juga pada sepatu berbahan kanvas terdapat ventilasi pada bahan kanvas sehingga meskipun menggunakan sepatu pada saat cuaca di lapangan terasa panas dan membakar namun kaki tetap terasa sejuk dan tidak basah karena keringat berkat sepatu kanvas yang nyaman dan memiliki ragam pilihan yang dapat membuat penampilan menjadi terlihat trendi dan menarik.


A.    Pendahuluan

Converse sebenarnya adalah adik perusahaan pembuat sepatu populer lain yaitu sepatu atletik-Nike. Mungkin pembaca akan bingung dengan istilah "Converse" dan "Converse All Stars". Penggerak Utama (All Star) Converse adalah Marquis Mills Converse dari nama inilah sekarang terkenal dengan sebutan Converse All Stars tepatnya di Malden, Massachusetts pada bulan Februari 1908.Marquis Mills Converse mendirikan perusahaan sepatu yang bernama Converse Rubber Shoe Company.Pembetukan usaha di produksi stabil dan berjalan baik, tiga belas tahun kemudian, Converse mulai memproduksi sepatu olahraga untuk tenis yang merupakan olahraga paling popular pada masa itu. Logo sepatu Converseyang dipilih oleh Perusahaan Bintang Insignia. Lima bintang yang ada di pergelangan kaki, bagian luar disebut Pentagram yang berarti koneksi ke elemen bumi perusahaan mengalami kesulitan untuk meningkatkan dan stabil secara finansial di tahun 1990-an mungkin karena menjamurnya merk sepatu lain di pasaran. Dengan demikian, Converse diakui sebagai pembuat sepatu resmi dari National Basketball Association dan telah menyatakan kebangkrutan pada tanggal 22 Januari 2001.Converse telah diikuti oleh beberapa selebriti yang paling terkenal, pemain basket, ikon olahraga, bintang rock dan tokoh simbol lain dalam masyarakat seperti Maurice Evans, Avril Lavigne, Jessica Alba, Willow Smith, Kristen Stewart, dan Dwyane Wade. Converse dijuluki sebagai salah satu perintis fesyen dan sepatu olahraga. Selang tiga bulan deklarasi kebangkrutan perusahaan, Converse mulai beranjak naik.Dari ke-16 perusahaan sepatu terbesar, Converse telah naik ke nomor 7 dalam waktu hanya sekitar 3 tahun. Setelah merek diperkenalkan di arena basket, pemain basket bernama Chuck Taylor terpilih sebagai perwakilan penjualan dari perusahaan dan, pada saat yang sama, seorang promotor utama sepatu Chuck di Amerika Serikat. Sepatu Chuck Taylor telah menjadi headlinerdan sepatu yang unggul di pasar. Keterkenalannya merek telah membuat "Chucks" atau "Chuck Taylors", merek alas kaki dari orang-orang biasa. Kemudian pilihan warna-warni hanya dimediasi sampai1966 dibawah tekanan dari pemain basket untuk memperluas fitur sepatu.Selain merilis warna yang berbeda, sepatu Converse juga tersedia dalam berbagai bahan dan versi, ada yang dari sol karet, dari kulit, vinyl, suede, atau bahkan hemps. Koleksi rekor dunia Converse dibawa oleh kecanduan Joshua untuk produk sepatu Converse. Setiap tahun, ia mampu menimbun ratusan gaya dan versi sepatu Converse. Ia mengatakan bahwa “Saya harus memakai kantong plastik untuk melindungi sepatu dari kotoran lumpur dan menjaga agar tetap bersih”. Meskipun di awal 2000-an mengalami kemunduran Converse telah mampu mendapatkan kembali pemasarannya. Desain terus hidup dan lebih gaya dan semakin banyak variasinya. Sepatu Converse bisa dipakai pria dan wanita dan lebih mudah untuk ditemukan dibandingkan dengan sepatu lain.














B.     Kajian Pustaka

Sepatu adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit. Pengelompokkan sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsi atau tipenya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansa, sepatu olahraga,sepatu kerja, sepatu ortopedik dan sepatu minimalis (https://id.wikipedia.org/wiki/Sepatu).

1.      Sejarah Sepatu Converse

http://2.bp.blogspot.com/-xQsPE_QYo90/UDm-8nsgcQI/AAAAAAAAEM0/RiYUw80ccmQ/s320/Screen+Shot+2012-08-26+at+1.09.33+PM.png
Converse Jaman Dahulu

Converse adalah perusahaan sepatu yang sudah ada sejak abad ke 20. Perusahaan ini di buat oleh seorang manager sepatu, yaitu Marquis Mills Converse pada tahun 1908. Perusahaan ini pada awalna merupakan perusahaan sepatu yang membuat sepatu laki-laki, perempuan dan anak-anak khusus musim dingin. Converse membuat 4000 pasang sepatu setiap harinya pada awalnya, tetapi pada tahun 1915, Converse sudah memulai membuat sepatu untuk atlet tenis.

Titik balik perusahaan ini adalah ketika tahun 1917, Converse All Star Basket Shoe di perkenalkan. Kemudian pada tahun 1921, seorang pemain basket bernama Charles H. "Chuck" Taylor mengeluh akan kakinya yang sakit. Lalu, Converse memberikan Chuck pekerjaan, yaitu menjadikan nya seorang Salesman sekaligus duta besar untuk mempromosikan Converse ke seluruh Amerika. Sedangkan pada tahun 1923, tanda tangannya pun tertera di patch All Star. Chuck berkerja sampai 1969 sebelum kematiannya.

Pada tahun 1940an, Converse memproduksi sepatu untuk orang-orang militer karena pada masa itu adalah masa Perang Dunia. Pada akhirnya karena Converse berkembang pesat sebagai iconic brand, perusahaan tersebut membeli hak merek dagang sepatu Jack Purcell dari B.F Goodrich pada tahun 1970.

a.       Sejarah dan Momen-momen Penting Berdirinya Perusahaan Converse

Berbicara mengenai sejarah brand sepatu legendaris Converse tentu membuat kita penasaran, bagaimana salah satu perusahaan manufaktur sepatu terbesar di Dunia khususnya di Amerika memulai semuanya sampai sebesar dan selegenda ini. Anak-anak muda hanya mengetahu model-model sepatu keren keluaran terbaru Converse seperti Converse CONS, Converse Chuck Tylor All Star, Converse CTA, Converse Star Player Pro dan masih banyak lagi sepatu keren Converse dan selalu up to date, apalagi jika kalian adalah penggemar sepatu yang dominan bahan sepatunya menggunakan canvas ini.Penuls  akanmeninjau kembalikebelakang untuk menambah pengetahuan tentang Converse mulai berkembang dari NOL.

Lebih dari sepatu, Converse adalah cerita legenda, good father dan inovator di bidang olahraga, eksistensinya selama hampir 100 tahun membuatnya menjadi merek ternama besar di dunia. Ketika  Marquis M. Conversememulai debut bisnisnya pada Converse Rubber Shoe Company di Malden, Mass., Pada tahun 1908, dia benar-benar tidak tahu dunia manufaktur di Amerika. Sepanjang abad ke-20, Converse memulai konsisten terhadap alas kaki kebutuhan olahraga dan mulai menonjol dan merevolusi dunia Basket yang menjadikannya besar khususnya macam-macam sepatunya Chuck Taylor All Star. Warisan nama besar Converse yang memiliki jiwa sejatiolahraga di Amerika terus berkembang dalamolahraga dan kehidupan, di abad ke-21.

b.      Biografi Marquis Mills Converse – Pembuat Sepatu Converse

Siapa yang tidak mengenal sepatu merk Converse All Star, sepatu canvas ini sangat populer dikalangan anak muda sekarang dan paling banyak digunakan dan menjadi tren bagi anak muda.Converse telah menjadi sebuah merek sepatu paling terkenal sepanjang masa. Sejarah sepatu Converse dimulai ketika pembuat sepatu ini Marquis Mills Converse mulai membangun perusahaan sepatunya. Marquis Mills Converse dilahirkan pada tanggal 23 oktober 1861 di Amerika serikat, ia merupakan seorang pengusaha sepatu yang terkenal dengan produk bernama Converse. Sejak muda Marquis Mills Converse merupakan seorang pengusaha yang gigih, Marquis Mills Converse menikah dengan pada tahun 1884, kemudian pada bulan mei 1888 anak pertama dari Marquis Mills Converse lahir yang kemudian dinamakan Frieda Converse, pada tahun 1890 anak keduanya lahir yang kemudian dinamakan Harold Marquis Converse setelah itu anak ketiga Marquis Mills Converse lahir yang kemudian dinamakan John Kendrick Converse. 

Mengenai sejarah sepatu Converse, Marquis Mills Converse yang pada mulanya seseorang manager perusahaan sepatu mulai mebuka perusahaan sepatu karet sendiri yang dinamakan sesuai dengan nama belakangnya yaitu Converse di Malden, Massachusetts pada Februari 1908. Perusahaan tersebut membuat karet sol sepatu untuk pria, wanita serta anak-anak.Pada 1910, perusahaannya bisa menghasilkan 4000 sepatu setiap harinya, namun produksi sepatunya berkembang pesat setelah perusahaannya mulai membuat sepatu olahraga tennis pada 1915.Perusahaan ini mulai mencapai puncak kesuksesanya pada 1917 disaat Converse All-Star sebagai sepatu basket mulai dikenalkan. 

Lalu pada tahun 1921, salah seorang pemain basket bernama Charles H. "Chuck" Taylor mengeluh ke Converse lantaran sakit di kakinya yang dikarenakan sepatu tersebut.kemudianConverse setelah itu berkerjasama dengan Charles dimana Charles diangkat sebagai salesman serta duta perusahaan itu, serta mempromosikan sepatu di semua wilayah Amerika Serikat. Ciri yang paling mudah dikenali pada sepatu Converse Chuck Taylor yaitu logo All Star yang dibubuhi tulisan tangan Taylor di bagian pergelangan kaki.Marquis Mills Converse kemudian pada tahun 1928 mengundurkan diri dari Converse Company. Marquis Mills Converse sendiri kemudian meninggal pada tahun 1931 dimana saat ia meninggal ia telah sukses membangun perusahaan converse sebagai perusahaan pembuat sepatu terkemuka di Amerika Serikat. 

c.       Perkembangan Sepatu Converse Sejak ditinggal Marquis Mills Converse

Disaat Amerika Serikat masuk Perang Dunia II pada 1941, produksi Converse berubah ke manufaktur alas kaki, baju, sepatu bot, parka, karet pelindung setelan, serta setelan untuk pilot serta pasukan tentara. Popular sepanjang 1950-an serta 1960-an Converse mempromosikan citra Amerika didunia dengan membuat Converse Yearbook. serta itu kemudian membuat Converse menjadi sepatu andalan anak Sekolah Menengah Atas (SMA) serta beberapa atlit. pada 1970 perusahan Converse di beli oleh pengusaha yg bernama Jack Purcell. Sepatu Converse menjadi sebagai ikon dari gerakan hippie dibarengi oleh musisi serta band mereka. Golongan hippieskerap menggunakan sepatu untuk untuk mempromosikan individualitas mereka. Converse All Stars tak hanya sepatu basket, namun juga sepatu untuk santai sebagai ikon yang mencerminkan sebuah kebebasan.

Di tahun 1970 Converse mulai tersingkir lantaran banyak kompetitor baru didunia sepatu. seperti Puma serta Adidas, lalu Nike, serta setahun berikutnya Reebok yang mulai mengenalkan sepatu dengan cara radikal. serta hal semacam itu kemudian membuat Converse lagi menjadi sepatu resmi National Basketball Association (NBA). Sepatu Coverse Chuck Taylor atau yang kerap dimaksud “Chucks” serta “Cons” yang memiliki bahan kanvas serta bersol karet ini makin popular disaat banyak digunakan oleh para penyanyi terkenal saat itu. Beberapa personil bandgrunge 90an kerapkali biasa memakainya, Sebut saja Kurt Cobain nya Nirvana, beberapa personil Rage Against The Machine, dan lain-lain. Hal semacam ini kemudian membuat "Chucks" menjadi semakin keren, dan terkenal lantaran jadi sepatu pilihan beberapa legenda musik dunia. 

Namun semakin lama popularitas Converse semakin pudar menjadikan Converse berada diambang ke bangkrutan lantaran mengurangnya konsumen. pada 22 Januari 2001, perusahaan Converse beralih kepemilikan, pabrik di Amerika Serikat ditutup. Kemudian, manufaktur untuk pasar Amerika Serikat tak akan dikerjakan di Amerika Serikat, namun masih diproduksi di beberapa negara di Asia serta negara-negara Eropa, terhitung Cina, Indonesia, Italia, Lithuania serta Vietnam . Pada 9 Juli 2003, perusahaan Nike mengakuisisi perusahaan Converse dengan harga $ US305 juta.

Pada saat ini sepatu Converse banyak digunakan oleh para anak muda jaman sekarang. Keunggulan sepatu Converse yang bisa dipakai dalam beragam situasi serta pas di gabungkan dengan beragam jenis baju menjadikan sepatu ini dapat menjaga popularitasnya sampai sekarang ini.
Biografi, Marquis Mills Converse, Pembuat Sepatu Converse
Converse Jaman Sekarang



2.      Sepatu Lukis
a.       Macam-macam Sepatu Lukis

Sebelumnya telah dijelaskan sejarah perkembangan sepatu merek Converse yang mendunia dan legendaris. Dari sejak pertama dirilis hingga sekarang sepatu Converse masih terus diminati oleh berbagai kalangan. Pelajar, atlit, bahkan artis dalam dan luar negeri pun mengenakan sepatu Converse.

Sepatu Converse memiliki banyak sekali jenis, salah satu jenis sepatu Converse yang bisa digunakan untuk membuat sepatu lukis yaitu jenis “Chuck”. Sepatu Converse jenis ini merupakan sepatu yang berbahan kanvas, ada yang bermotif dan yang polos.Jenis yang tidak bermotif atau polos permukaannya dapat dilukis.Berikut adalah macam-macam motif sepatu lukis daribahan kanvas.

1)      Motif kartun
sepatu lukis, sepatu lukis converse, sepatu lucu, sepatu go green           sepatu lukis love, sepatu lukis couple,sepatu lukis cinta




2)      Motif natural
sepatu lukis converse, sepatu lucu, sepatu lukis unyu
3)      Motif Binatang

sepatu lukis zoo, sepatu lukis binatang, sepatu lukis lucu

4)      Motif Batik
SEPATU LUKIS BATIK, SEPATU BATIK

C.    Analisis dan Pembahasan
Tak ada salahnya untuk mencoba berkreasi sepatu lukis.Pada dasarnya sepatu merupakan benda yang dapat menunjang penampilan seseorang, apalagi didukung dengan motif dan gambar yang menarik.Sepatu lukis juga sangat menarik dan dapat digunakan oleh semua kalangan baik muda ataupun tua, selama motif yang digunakan cocok untuk usianya. Apalagi sepatu lukis memiliki kekhasan sehingga motif dan gambar yang digunakan tidak akan sama satu dengan yang lainnya. Hal tersebutlah yang membuat sepatu lukis semakin diminati.
 Sebelum membuat kreasi sepatu lukis, terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu.
1.      Bahan dan Alat
a.       Sepatu Kanvas
https://atviana.files.wordpress.com/2012/02/cimg4421.jpg?w=300&h=225
Sepatu Kanvas saat ini terdiri dari beragam jenis dan ukuran. Usahakan sepatu yang akan digambar adalah sepatu baru, sehingga permukaannya masih kaku, minim kotoran dan mudah untuk dilukis.




b.      Cat Akrilik
https://atviana.files.wordpress.com/2012/02/cimg4425.jpg?w=300&h=225
Cat akrilik berbasis air dan cenderung lebih pekat disbanding cat air.Cat ini cocok diaplikasikan pada bahan kanvas.

c.       Kuas
https://atviana.files.wordpress.com/2012/02/cimg4432edit.jpg?w=300&h=228
Kuas merupakan aset.Untuk mendapatkan hasil dan kualitas yang bagus harus menggunakan kuas yang berkualitas juga.

d.      Cat Pelapis
https://atviana.files.wordpress.com/2012/02/cimg4437.jpg?w=209&h=300
Cat pelapis berfungsi sebagai finishing dan top coat agar lapisan lukisan lebih tahan lama dan lebih mengkilap warnanya.Dan gunakan yang berwarna bening.

e.       Alat Gambar

https://atviana.files.wordpress.com/2012/02/cimg4438.jpg?w=300&h=225
Pensil, penghapus, kertas, dan penggaris dibutukan untuk menggambar pola.

f.       Perlengkapan dan Lem
https://atviana.files.wordpress.com/2012/02/cimg4436.jpg?w=300&h=225
Pelengkap bisa pita yang digunakan sebagai tali sepatu, glitter yang dipakai untuk hiasan, manik-manik, kancing dan lain sebagainya. lem digunakan untuk menempelkan manik-manik atau perlengkapan lain.

2.      Cara Membuat Kreasi Sepatu Lukis

Setelah alat dan bahan terkumpul, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kreasi sepatu lukis.
1)      Lepas terlebih dahulu tali sepatu (jika ada) lalu bersihkan permukaan sepatu dari debu yang menempel agar memudahkan proses pelukisan.
2)      Gambar pola pada kertas, sebagai pemula sebaiknya membuat pola-pola yang mudah seperti awan, polkadot, atau garis-garis. Agar lebih menarik ada baiknya membuat pola yang berbeda di kiri dan kanan sepatu (tetapi tetap satu tema).
3)    Setelah pola sudah jadi dan siap diaplikasikan. Mulailah melukis dengan menggunakan kuas. Sebaiknya gunakan kuas kecil yang pipih atau bulat. Lakukan proses pelukisan dengan warna dasar atau warna dominan yang ingin digunakan.
4)      Berikan tambahan gradasi warna dan tambahan-tambahan detail untuk mempermanis gambar.
5)      Setelah selesai, biarkan cat mengering atau gunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan
6)      Setelah sepatu kering, semprotkan cat pelapis tipis-tipis dan merata (dapat dilakukan dua kali pelapisan agar cat lebih tahan lama).
7)      Setelah cat pelapis kering, pasang kembali tali sepatu. Sebaiknya gunakan tali sepatu dengan warna cerah untuk mempercantik penampilan sepatu.
Untuk perawatan sepatu lukis dapat dicuci dengan dengan deterjen namun jangan disikat terlalu keras. Jika cat pelapis sudah menipis, semprotkan lagi cat pelapis dengan membersihkan sepatu terlebih dahulu.

D.    SIMPULAN DAN SARAN

1.      Simpulan
Sepatu merk Converse merupakan merek yang mendunia, banyak berbagai kalangan yang memakainya. Dari masa ke masa sepatu Converse masih banyak diminati bahkan hingga saat ini di dalam ataupun luar negeri. Sepatu Converse juga memiliki berbagai jenis, salah satunya yaitu jenis yang berbahan kanvas.Sepatu berbahan kanvas bisa dikreasikan menjadi sepatu lukis yang lebih menarik.

2.      Saran
Sepatu lukis belakangan ini sudah banyak peminatnya, para produsen pun sudah banyak yang memasarkan dengan offline ataupun online.Tetapi, untuk menghemat dan lebih kreatif alangkah baiknya membuat kreasi sepatu lukis.









DAFTAR PUSTAKA
Atviana.23 Februari 2012. Workshop: Belajar Membuat Sepatu Lukis. wordpress.com, diakses 22 Desember 2015.
Febrinasuka.Rumah Sepatu Lukis. wordpress.com, diakses 21 Desember 2015.
Februari 2014.Biografi Marquis Mills Converse.www.biografiku.com, diakses 22 Desember 2015.
Sejarah Perkembangan Sepatu: Sepasang yang Tak Terlupakan. http://labsky2012.blogspot.co.id/2012/08/tugas-5-sejarah-perkembangan-sepatu.html, diakses 21 Desember 2015.
Yadibarus.Sejarah Sepatu Converse.www.kompasiana.com, diakses 22 Desember 2015.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sepatu, diakses 19 Desember 2015.

           


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar