Jumat, 15 Januari 2016

BISNIS SEWA POHON MANGGA UNTUK PEMULA


 
BISNIS SEWA POHON MANGGA UNTUK PEMULA

oleh : Maskur

A.  Pendahuluan
kota mangga adalah sebutan untuk kota Indramayu. Alasan kenapa indramayu disebut kota mangga adalah karena di Indramayu ada banyak sekali pohon mangga, dan hal ini bisa dijadikan pilihan untuk menjadi bahan bisnis. Untuk bisnis mangga di indramayu bisa menjadi beberapa bisnis, pertama menjadi petani dan  menjual hasil mangganya sendiri ke pelanggan  atau menjual ke pemasok. Menjadi pemasok dan menjual sendiri ke pelanggan. Bila tidak memiliki pohon mangga bisa memilikinya dengan cara sewa pohon mangga pertahun. Atau menjadi pemasok walaupun tidak memiliki pohon mangga bisa memiliki mangga. Di jurnal ini penulis lebih menekankan bisnis berkaitan dengan sewa pohon mangga.  Anda tidak perlu menanam mangga dan menunggu bertahun tahun sampai mangga itu berbuah. Anda hanya tinggal menyewanya dari pemilik mangga dengan harga yang telah di tentukan. Di Indramayu sendiri ada banyak pohon mangga yang berpotensi yang hasil panennya memiliki harga yang cukup tinggi. Sistem bisnis sewa pohon mangga ini yaitu dimana Anda menyewa pohon mangga dari pemiliknya, Anda urus itu pohon mangga, Panen hasilnya, dan jual.  Anda bisa menjualnya ke pemasok atau ke pelanggan, saran saya Anda langsung saja jual kepemasok sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama uang modal anda kembali yang tentu saja ditambah dengan keuntungan. Bisnis ini memiliki resiko yang kecil dan untuk pengeluaran biaya pun bisa dikategorikan bisa diangsur. Walaupun untuk pemula yang tidak memiliki modal tentu saja Anda harus mengumpulkan modal terlebih dahulu atau sambil berjalan bisnis ini Anda mengumpulkan modal secara bertahap.




B. Landasan Teori
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba . Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan
waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Sewa menyewa adalah suatu perjanjian atau kesepakatan di mana penyewa harus membayarkan atau memberikan imbalan atau manfaat dari benda atau barang yang dimiliki oleh pemilik barang yang dipinjamkan. Hukum dari sewa menyewa adalah mubah atau diperbolehkan. Contoh sewa menyewa dalam kehidupan sehari-hari misalnya seperti kontrak mengontrak gedung kantor, sewa lahan tanah untuk pertanian, menyewa / carter kendaraan, sewa menyewa vcd dan dvd original, dan lain-lain.
Dalam sewa menyewa harus ada barang yang disewakan, penyewa, pemberi sewa, imbalan dan kesepakatan antara pemilik barang dan yang menyewa barang. Penyewa dalam mengembalikan barang atau aset yang disewa harus mengembalikan barang secara utuh seperti pertama kali dipinjam tanpa berkurang maupun bertambah, kecuali ada kesepatan lain yang disepakati saat sebelum barang berpindah tangan.
Jenis-jenis mangga
1. Mangga Arum manis/harum manis

Mangga jenis ini adalah yang paling banyak kita jumpai di pasaran. Daerah jawa barat dan sekitarnya, mangga jenis ini memang di sebut mangga harum manis, tetapi di daerah jawa timur terutama probolinggo, malang, jember dan sekitarnya, mangga jenis di kenal dengan sebautan mangga gadung. Mangga arum manis merupakan gambaran buah mangga yang ada di benak setiap orang. Bentuk buah mangga seringkali di gambarkan seperti betuk buah mangga arum manis. Transisi rasa buah dari waktu masih muda, setengah matang, dan matang sangat berbeda memberi sensai tersendiri. Dagingya biasanya gemol/tebal dengan warna kuning keemasan ketika matang dan rasa yang manis dengan bau harum segar yang menggugah selera makan.
2. Mangga Golek
Mangga golek bentuknya bentuknya lonjong, serat dagingnya banyak, dan rasanya sangat manis saat matang.
Mangga golek merupakan salah satu jenis atau varian mangga yang kabarnya pertama kali dikembangkan di tanah India. Namun setelah di budidayakan di Indonesia, jenis mangga ini menjadi sedikit berbeda dengan mangga golek India. Karena bentuknya yang unik, dan ukurannya bisa begitu besar, mangga golek seringkali di cari oleh para pecinta mangga untuk di nikmati. Sentra budidaya mangga golek yang paling terkenal adalah prpbolinggo, indra mayu dan pasuruan. Bahkan mangga golek telah di tetapkan oleh mentan sebagai mangga lokal varietas unggul.
3. Mangga Manalagi
Mangga manalagi, konon katanya merupakan hasil persilangan dari mangga gadung dan golek. Sepintas bentuk buah mangga manalagi lebih mirip mangga golek, tetapi lebih gemuk dan lebih pendek/lebih kecil jika dibandingkan dengan golek. Ukuran buah hampirsebanding dengan ukuran buah mangga gadung, dengan kulit buah berwarna hijau ketika masih muda dan apabila matang juga masih hijau tetapi agak keabuan dengan kulit di penuhi bintik-bintik putih yang jumlahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Sementara itu daging buahnya padat dan berserat berwarna kuning keemasan. Kulit buah tebal dan berlilin. Mangga manalagi ini termasuk mangga yang tidak mudah busuk setelah di petik.
4. Mangga Madu
Sepintas mangga madu mirip mangga gadung, kecuali keseluruhan kulitnya berwarna kuning cerah saat matang. Di sebut mangga madu, karena rasa buah mangga yang satu ini sangat manis sekali seperti madu. Manis tetapi tidak tertinggal di lidah. Buahnya bulat sedikit memanjang dengan ukuran yang hampir sama besar dengan mangga manalagi.
5. Mangga Endog / mangga telur
Mangga endog atau mangga telur merupakan jenis mangga lokal yang bentuknya kecil sebesar telur. Karena itu di sebut mangga endog yang artinya telur. Kulit buah mangga telur ini sepintas mirip dengan kulit buah manggamanalsgi, yaitu hijau berbintik-bintik putih. Rasa daging buahnya manis, tetapi aromanya tidak begitu se semerbak jenis mangga yang lain. Buah ini sangat mudah di budidayakan, karena tanah penyakit. Tetapi karena bentuknya yang kecil, sangat jarang orang yang menyukainya.
6. Mangga gedong gincu
Mangga yang satu ini mempunyai ciri yang khas yaitu warna kulitnya yang cantik, cerah, dan menarik. Perpaduan dari warna oranye, merah, sedikit warna hijau dan kuning. Harganya di pasaran cukup stabil dan paling banyak ditemukan di pusat perbelanjaan. Daging buah jenis mangga yang satu ini cukup nikmat. Ia mengandung banyak air. Meski didominasi rasa manis, namun tak jarang pula yang merasakan asamnya di ujung lidah. Buah ini banyak di budidayakan di daerah Majalengka dan coirebon.
7. Mangga Indramayu
Mangga Indramayu merupakan mangga lokal yang banyak di budidayakan di daerah indramayu. Aromanya menyengat dengan rasa manis yang juga menyengat. bentuk buah mangga ini sangat khas, sehingga sangat mudah membedakannya dengan buah mangga jenis lain. Daging buahnya sedikit berair, dan mempunyai serat yang khas, sehingga sangat nikmat saat di santap di musim kemarau, ketika panas menyengat.
8. Mangga Apel
Disebut mangga apel, karena bentuknya bulat seperti buah apel tetapi dengan kulit berwarna hijau agak unggu kemerahan di bagian pangkal buah. Mangga apel rasanya masam ketika masih muda dan agak sedikit manis ketika matang. Namun begitu banyak sekali yang menyukai mangga apel terutama untuk di santap sebagai rujak












C. Analisis dan pembahasan
Menjadi pembisnis dalam bidang sewa pohon mangga untuk pemula tentu saja ada banyak hal yang harus di perhatikan, dari jenis pohon mangga yang bagus untuk disewa, harga sewa sewa pohon mangganya dan cara mengurus pohon mangga itu agar cepat produksi dan hasil panennya bagus. Dan hal yang harus di perhatikan yang lainnya adalah biaya pegawai dan mencari pegawai yang benar.  awal untuk pemula mungkin bisa dmulai dengan belajar dari ahlinya atau ikut gabung terlebih dahulu dengan yang ahli dan belajar darinya sambil praktik langsung dalam bidang bisnis ini.
Ada beberapa jenis pohon mangga yang bagus untuk disewa dan memiliki haraga yang tinggi dan stabil yaitu mangga cengkir, mangga gedong, mangga gajah. Ketiga mangga ini adalah jenis mangga yang bisa dijadikan referensi untu jenis mangga yang harus do sewa.  Untuk menentukan harga sewa pohon mangga yaitu bisa diperhatikan dari besar kecil serta produktif atau tidaknya pohon mangga tersebut dan juga jenis pohon manggga tersebut. Atau bisa dengan cara borongan misalnya 45 pohon mangga cengkir dihargai 10 juta. Bila perpohon rata rata harga dipasaran adlah diatas seratus ribu. Sekali lagi untuk menentukan haraga sewa pohon mangga yaitu dilihat dari berbagai segi. Jika beruntung bisa mendapatkan harga swa pohon mangga yang murah dari pemilik mangga yang belum terlalu mengerti tentang mangga. Di Indramayu sendiri sistem sewa pohon mangga sendiri sudah banyak sekali bila tidak percaya bisa ditanyakan kepada pemilik kebun mangga. Rata rata kebun mangga yang berisikan pohon mangga yang banyak dan memiliki jenis mangga yang bagus, rata rata sudah disewa. Yang tentu saja persaingan dibsnis inipun sangat ketat, dan yang artinya kita harus berusaha dengan giat bila ingin mendapatkan pohon mangga yang berkulaitas dan dengan harga sewa yang pas pula. Untuk pemula yang terjun dalam bisnis ini tentu banyak sekali tekanan apa lagi jika tidak memiliki modal yang banyak. Harus gencar mencari modal apa lagi bila waktu untuk mengobati mangga harus dilakukan secepatnya. Saya adalah pembisnis pemula dalam bidang bisnis ini dan tidak memiliki modal yang banyak. Saya ikut dengan yang cukup ahli dalam bidang ini bukan sebgai pegawai tetapi sebgai patner bisnis. dia memiliki modal yang banyak dan saya kebalikannya.  Namun bagaimanapun juga Anda tetap harus meyakinkan patner bisnis kita apalagi yang sudah ahli. Agar kita tidak dianggap main main. Jangan menujukan kalau kita tidak memiliki uang. Jangan tunjukan kalau kita sedang setres. Tapi tunjukan kalau kita siap dan tidak main main. Satu hal yang pasti Anda harus terus belajar, ambil ilmu sebanyak mungkin karena satu hal yang pasti Anda tidak akan selamanya bergabung dengan dia, yang artinya mau tidak mau Anda harus bisa berdiri sendiri. Dari yang saya amati dia begitu ahli dalam menentukan harga sewa, menentukan jenis mangga yang di sewa, kondisi pohon mangga yang harus diswa. Dan tentu saja kita harus mempelajari hal itu. Pertama bagi pemula Anda harus tahu terlebih dahulu jenis jenis mangga, bukan hanya sekedar teori tetapi Anda harus tahu secara langsung. Anda harus bisa membedakan jenis magga cengkir dan gedong ataupun gajah. Ketiga mangga ini harus anda ketahui karena mangga mangga ini adalah jenis-jenis mangga yang bagus.  Untuk pemula tekanan dan tekanan akan Anda rasakan. Ketika Anda tidak memiliki uang sedikitpun dan tiba tiba besok harus ada uang 5.000.000. anda akan
merasakan sensasi yang luar bisa. Tapi jika Anda berhasil melewati masalah ini anda akan merasa menjadi orang yang benar benar orang.  Untuk menjadi pembisnis dalam bidang ini Anda harus banyak belajar. Belajar memahami bagaimana cara bisnis ini bekerja. Penyewaan mangga, pengurusan mangga agar menjadi mangga yang memiliki produksi yang bagus. Dan mencari pemasok yang mau membeli dan membayar dengan uang kes, tanpa ada penundaan. Yang tersulit dari ketiga hal ini adalah pengurusan mangga. Anda harus tahu perawatan apa saja yang harus anda berikan. Pertama beri pupuk pada bawah pohon. Tentu saja dengan bahan dan takaran yang berbeda. Setelah pemberian pupuk selesai. Tunggu sekitar satu bulan setelah itu penyemprotan dengan bahan bahan yang dapat memperbaik produksi mangga, menghilangkan hama dan sebagainya. Dan bila anda ingin mendapatkan talimangsa, anda harus mempercepat proses pengurusan. Sehingga mempercepat kemungkinan mangga itu cepat berbuah. Dan tentu saja mempercepat kembalinya modal dan mempercepat mendpatkan keuntungan. Berbicara keuntungan. Keuntungan dalam bisnis ini bisa dua atau tiga kali lipat dari modal yang anda keluarkan. Bila anda mengeluarkan modal sekitar sepuluh juta Anda bisa mendapatkan tiga puluh juta.  Dan hal ini bisa terjadi karena mangga panen dua kali setahun dan bisa tiga kali setahun. Apa lagi kalau anda panen ketika harga mangga sedang berada diharga tinggi.
















D. Simpulan Saran
Menjadi pembisnis tidaklah mudah.  Untung dan rugi selalu menjadi hal yang sering di temui. Belajar dari setiap kesalahan dan memperbaiki kesalahan. Terus maju dan pantang menyerah adalah kuncinya. Berani mengambil resiko. Bersikap baik  dan selalu jujur adalah bagian dari bisnis.  Bisnis dalam bidang mangga tidaklah mudah apa lagi sistem sewa pohon mangga, yang notabenenya mangga tersebut adalah milik orang lain,  pengurusan mangga haruslah sesuai dengan aturan jangan sampai menyakiti pohon mangga itu sendiri. Dan tentu saja pemilik mangga itu sendiri. Belajar terus menerus jangan menyerah. Allah tidak akan salah dalam memberi rejeki setiap makhluknya.




















Daftar Pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bisnis
www.organisasi.org/1970/01/pengertian-dan-penjelasan-sewa-menyewa-dari-sisi-islam-definisi-hukum-dan-contoh-kegiatan-sewa-menyewa-dasar.html?m=1
kebunq.com/2014/09/macam-macam-buah-mangga.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar