Jumat, 15 Januari 2016

MANFAAT VITAMIN YANG TERKANDUNG DALAM LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN MANUSIA



MANFAAT VITAMIN YANG TERKANDUNG DALAM LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN MANUSIA

oleh : Asep

A.        Abstraksi
Lidah buaya (Aloe vera ) merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita lihat berada di pekarangan rumah. Selama ini tanaman lidah buaya hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja padahal banyak sekali manfaat yang terkandung dalam tanaman lidah buaya ini kusnya untuk kesehatan.
          Tanaman lidah buaya dikenal sebagai bahan obat tradisional dan kosmetik termasuk dalam bidang farmasi. Khasiat yang tersimpan dalam lidah buaya untuk penyubur rambut, perawatan kulit, untuk melancarkan pencernaan, dan untuk mempercepat penyembuhan luka. Sejumlah nutrisi yang bermanfaat terkandung di dalam lidah buaya, berupa bahan organik dan anorganik, diantaranya vitamin, mineral, beberapa asam amino, serta enzim yaang diperlukan oleh tubuh.
          Pola hidup masyarakat yang kuang baik pada saat ini menyebabkan tibulnya berbagai macam penyakit, pola hidup yang tidak sehat ini seperti makan makanan cepat saji dan sebagainya menjadi sebab munculnya berbagai macam penyakit tersebut, untuk itu pemanfaatan tanaman lidah buaya untuk obat dan makanan perlu dilakukan oleh masyarakat sebagi alternatif untuk mengurangi konsumsi obat kimia dan makanan cepat saji.
    
B.       Pendahuluan
Di jaman yang moderen seperti saat ini, banyak sekali orang-orang yang menagbaikan kesehatannya dengan makan makanan yang tidak sehat, seperti makan makanan cepat saji yang mengandung berbagai zat pewarna dan pengawet yang jika dikonsumsi secara terus menerus akan berakibat buruk bagi kesehatn tubuh mereka. Untuk itu untuk mengurangi konsumsi makan makanan yang tidak sehat diperlukan sebuah trobosan baru yang dapat mengurangi konsumsi makan makana yang cepat saji tersebut, trobosan baru ini bisa berupa pemanfaatan tumbuhan yang dapat ditanam di depan rumah yang selain berfungsi sebagai hiasan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif makanan ataupun bisa dijadikan sebagai obat alami untuk manusia, tumbuhan ini bisa berupa tumbuhan lidah buaya yang cara tanamnya cukup mudah dan tidak membutuhkan lahan yang cukup luas untuk proses penanamannya.
Lidah Buaya atau Aloe Vera yang berasal dari bahasa latin Aloe barbadensis Milleer adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering diAfrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzimasam aminomineralvitaminpolisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

C.        Kajian Pustaka

1.             Vitamin
Kawan pasti sudah familiar dengan kata vitamin. Tapi apakah anda tau sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan vitamin? Mengapa tubuh kita membutuhkan vitamin? Bagaimana cara mendapatkan vitamin yang dibutuhkan tubuh? berikut adalah ulasannya tentang vitami.
Kawan, vitamin adalah senyawa organik yang tersusun atas karbon, yang sangat berguna untuk metabolisme dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Secara total, ada 13 macam vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D, E, dan K. Sedangkan secara garis besar, vitamin dibedakan menjadi dua yaitu vitamin yang larut dalam lemak (fat-soluble vitamins) dan vitamin yang larut dalam air (water-soluble vitamins).
Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) dan di dalam hati, untuk kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan. Vitamin yang termasuk kedalam kategori ini adalah vitamin A, D, E, dan K.
Vitamin yang larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan segera dikeluarkan melalui urin. Jadi, anda relative membutuhkan supply vitamin jenis ini setiap hari. Vitamin yang dikatgorikan ke dalam vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C dan B kompleks.
Kawan, seperti yang dijelaskan sebelumnya, vitamin tidak dapat diproduks oleh tubuh. Jadi , salah satu cara untuk mendapatkan asupan vitamin adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin seperti buah dan sayur-sayuran.
2.                  Lidah Buaya
      Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
   Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.
Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
   Di negara-negara Amerika, Australia dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.
Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

3.          Kesehatan
       Seabad yang lalu, istilah kesehatan dipakai hanya untuk makna "tiadanya penyakit atau pun luka". Lalu pada tahun 1948, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang baru saja didirikan sebagai unit kesehatan global dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, meluncurkan definisi yang sangat baru terhadap istilah "kesehatan", yaitu "keadaan bugar secara fisik, mental, dan sosial yang lengkap, dan bukan hanya tiadanya penyakit atau pun kelemahan". Pandangan menyeluruh terhadap kesehatan ini mengakui bahwa pada orang yang sehat, berbagai dimensi kehidupan itu berjalan secara serasi.
     Walau definisi kesehatan ala WHO itu telah diterima luas selama puluhan tahun, sebagian peneliti berkeberatan terhadap konsep kebugaran "yang lengkap"; sebagian peneliti pun berpendapat bahwa definisi tersebut kurang praktis. Pada tahun 1986, di Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan, WHO menawarkan konteks berikut ini untuk definisinya terhadap kesehatan:
     Untuk mencapai keadaan bugar secara fisik, mental, dan sosial yang lengkap, seorang individu atau suatu kelompok harus mampu mengidentifikasi dan mewujudkan cita-cita, memenuhi kebutuhan, dan mengubah atau pun menghadapi lingkungannya. Karenanya, kesehatan itu dipandang sebagai sumberdaya untuk kehidupan sehari-hari.
        Penekanan pada kesehatan sebagai sumberdaya itu memudahkan kita untuk lebih memandang kesehatan sebagai proses aktif daripada sebagai keadaan yang stabil. Hal ini berlaku pula untuk sebuah konsep yang terkait erat, yaitu kebugaran (wellness). Sebagian otoritas kesehatan masyarakat memandang kebugaran sebagai keadaan ketika kita menyadari potensi kita sepenuh-penuhnya sebagai individu dan sebagai anggota komunitas kita. Namun sebagian lainnya memandang kebugaran sebagai proses penentuan pilihan secara aktif untuk mencapai kesehatan optimal. Orang-orang yang tingkat kebugarannya tinggi itu senantiasa mengambil keputusan yang menjunjung tinggi kesehatan di berbagai bidang kehidupan mereka. Di sisi lain, rendahnya tingkat kebugaran disebabkan oleh putusan-putusan buruk yang meningkatkan risiko penyakit, luka, cacat, dan mati dini.

D.              Analisis Data dan Pembahasan

Berikut beberapa cara mengolah lidah buaya untuk mengatasi beberapa penyakit dan untuk kecantikan atau sebagai obat tradisional.

1)                  Untuk mengatasi Sakit kepala, Pusing, Sembelit, Kejang pada anak, Kurang gizi, Batuk rejang, Muntah darah, Kencing manis, dan Haid.

         Ambil 200 gram daun segar lidah buaya dicuci bersih, dikupas lalu direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan malam.

2)                 Untuk Penyubur Rambut

Ambil daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokan kekulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

3)                 Untuk Luka Bakar dan Tersiram Air Panas

Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api atau air panas.

4)                 Untuk Mengatasi Bisul

Daun lidah buaya dilumatkan ditambah sedikit garam, dan tempelkan pada bisulnya.

5)                      Untuk Menghilangkan Jerawat

Ambil lidah buaya secukupnya, kemudian belah dan ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat kurang lebih selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. lakukan cara ini 1 kali sehari.

6)                      Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Cuci muka dengan air bersih, setelah muka dibersihkan, ambil jelly lidah buayanya, lalu bersihkan dari lendir-lendirnya, lalu oleskan kemuka dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan kembali muka dengan air bersih dan keringkan. Lakukan minimal 2x sehari secara berturut-turut dan rutin.

7)                      Untuk kesehatan Bulu Mata

Sebelum tidur atau saat sedang bersantai, cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimia seperti maskara. Lalu ambil jelly lidah buaya dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata, biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

8)                      Untuk Menyuburkan Alis

Jelly lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis mata. Caranya sebelum tidur jeli lidah buaya dioleskan ke bulu alis mata, lalu keesokan harinya ketika kita sudah bangu dari tidur, cuci hingga bersih. Lakukan cara ini tiap hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

9)                      Untuk Perawatan Kulit

Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian jely nya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan jely dan oleskan pada kulit sebelum tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan tidak akan keriput.

10)                   Untuk Pembersih Makeup

Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi.

11)                        Untuk Melembabkan Kulit Wajah

Tak perlu bingung mencari pelembab yang alami dan aman untuk kulit sensitif. Anda cukup mencari yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin. Ia juga aman untuk kulit sensitif, kulit berjerawat. Bahkan lidah buaya akan membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

12)                       Untuk Mengatasi Diabetes

Dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan 3 gelas air bersih dan tersia hinga menjadi 1 1/2 gelas. Kemudian diminum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

13)                        Untuk Mengobati Wasir

Siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Lalu parut lidah buaya, kemudian ditambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Kemudian aduk sampai rata dan saring untuk diambil airnya, lalu minum tiga kali dalam sehari.

14)                           Untuk Melancarkan Pencernaan

Tanaman lidah buaya sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat.

15)                            Untuk Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Sama seperti rumput laut, lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin.Gelatin tersebut berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran.Proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh kita.



E.                           Simpulan dan Saran

1.                      Simpulan
    Ternyata tumbuhan lidah buaya bukan hnya berfungsi sebagai hiasan saja, tettapi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat untuk kesehatan, karena tanaman lidah buaya banyak mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia.
2.                  Saran
Berdasarkan manfaat lidah buaya yang sudah dijelaskan di atas penulis menyarankan agar:
·                         tanamlah tanaman lidah buaya;
·                         manfaatkanlah tanaman lidah buaya sesuai dengan maanfaatnya;
·                         jadikanlah tanaman lidah buaya sebagai pluang bisni.














DAFTAR PUSTAKA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar